Halal Bilahal Siloam Bahas Bahaya dan Cara Penanganan Wasir

Rabu, 01 Mei 2024 - 06:53:36


/
RADARJAMBI.CO.ID - Hemoroid atau yang lebih dikenal dengan wasit atau ambeien adalah salah satu penyakit yang banyak di rasakan masyarakat. 
 
Penyakit ini adalah masalah kesehatan yang terjadi ketika membengkaknya pembuluh darah vena di rektum (bagian ujung usus besar) atau anus. Hal ini bisa dialami oleh siapa saja khususnya kalangan dewasa. 
 
Banyak penderita wasir tidak mau memeriksakan keadaannya karena banyak faktor dan cukup mengkonsumsi obat obatan yang di jual bebes. 
 
Walaupun tidak mematikan tetapi wasir membawa banyak efek bagi penderitanya, yaitu nyeri, gatal hingga pendarahan. 
 
Untuk itu, Siloam Hospitals Jambi dalam kegiatan Halal bi halal menjelaskan lebih rinci apa saja bahaya hingga bagaimana pencegahan dari wasir, Selasa (30/4). 
 
Dr. Benny Hartono, ahli bedah di Siloam Hospitals Jambi menjelaskan gaya hidup adalah faktor utama seseorang terkena penyakit wasir. Dimana seseorang yang tidak bisa menjaga pola makan khususnya mengkonsumsi serat dan cairan yang cukup akan memicu munculnya wasir. 
 
"Selain pola makan, menghindari duduk terlalu lama dan menjaga aktifitas fisik lainnya dalam menjaga gaya hidup sehat juga menjadi faktor utama dalam mencegah wasir," kata Dr. Benny Hartono.
 
Dalam pemaparannya, Dr. Benny menjelaskan ada 4 kategori atau kelas penyakit wasir, mulai dari yang ringan hingga berat. Semuanya memiliki penanganan yang berbeda. 
 
Walaupun pengobatan wasit terlihat mudah, penyakit ini jangan dianggap remeh karena bisa terus berulang bahkan meningkat kelas atau kategorinya bila tidak ditangani dengan baik. 
 
"Sebaiknya ada pemeriksaan oleh dokter dan Siloam Hospitals Jambi telah memiliki beberapa metode terbaik untuk mengobati wasir sesuai kategori atau tingkatannya," jelas Dr. Benny. 
 
Kegiatan halal bi halal ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Siloam Hospitals Jambi dengan jurnalis di Kota Jambi, ini sebagai ajang memperkuat tali silaturahmi dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini. 
 
"Terimakasih kepada media media di Jambi yang telah mendukung Siloam Hospitals Jambi dalam menyebarluaskan informasi terbarukan dari kami, semoga jalinan baik ini akan terus terjalin," kata dr. Dini Paramita Defrin, MMRS, Direktur Siloam Hospitals Jambi. ((ria/akd)