Kabar Baik buat Honorer, Kemendikbudristek Buka 40.541 Formasi CPNS & PPPK

Minggu, 21 April 2024 - 21:22:06


Ilustrasi
Ilustrasi /

Jakarta-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka formasi sebanyak 40.541 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

Rinciannya, sebanyak 15.462 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 25.079 formasi dialokasikan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan formasi yang dibuka ini menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga pendidik dan peneliti honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek.

"Kebutuhan formasi yang dibuka ini akan digunakan untuk pemenuhan sumber daya di lingkungan perguruan tinggi, termasuk untuk dosen," kata Nadiem dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (21/4/2024)

Selain itu, Nadiem menjelaskan kebutuhan formasi yang diajukan juga akan digunakan untuk pemenuhan sumber daya di lingkungan perguruan tinggi, termasuk para dosen. Selama dalam 10 tahun terakhir penambahan alokasi formasi sangat terbatas.

Sementara, gelombang pensiun tenaga pendidikan sangat besar dan kebutuhan terus bertambah seiring meningkatnya jumlah mahasiswa.

"Kebutuhan memang sudah cukup darurat ya kebutuhan kita untuk formasi dosen. Jadi ini akan sangat membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi kita dan juga meningkatkan kualitas kinerja kementerian kita juga," jelasnya.

Sisanya, formasi yang dibuka akan digunakan untuk pemenuhan tenaga pendidik yang ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (kil/kil)




Sumber: Detik.com