Usai shalat Idul Adha, Gubernur Serahkan Kurban di Masjid Al-Falah

Jumat, 31 Juli 2020 - 19:07:00


/

RADARJAMBI.CO.ID-Gubernur Jambi Fachrori Umar beserta istri dan Forkopimda Provinsi Jambi menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1441 H di Masjid Agung Al-Falah, Kota Jambi, Jumat,(31/7) bersama masyarakat setempat.

Tampak juga Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi dan para kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

Sebelum shalat, gubernur dipersilakan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, gubernur mengajak seluruh jamaah yang hadir dan masyarakat umum untuk meningkatkan kepedulian sosial, kepekaan dan kepedulian kepada sesama, terutama bagi yang sangat kesulitan.

Fachrori mengatakan, dalam konteks pembangunan, Idul Adha dimaknai sebagai tekad untuk bekerja lebih baik lagi.

"Saat ini, daerah kita sedang giat-giatnya menapaki pembangunan, menuju Provinsi Jambi yang lebih Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera (Tuntas) di segala bidang. Pembangunan diarahkan untuk mengurangi angka kemiskinan, kebodohan dan meningkatkan ketakwaan. Karena itu, dalam menapak pembangunan diperlukan semangat dan harapan-harapan, kita juga dituntut untuk semakin membekali diri dengan tekad yang baru, yaitu tekad untuk bekerja lebih keras dan lebih ikhlas, bekerja lebih tertib, lebih jujur dan lebih disiplin, dengan tingkat efisiensi yang tinggi dalam bidang kita masing-masing. Dan, kesemuanya itu tidak lepas dari sikap rela berkorban," kata Fachrori.

Fachrori mengajak semua masyarakat dan seluruh pihak untuk bersama-sama mewujudkan Provinsi Jambi yang aman, tertib, rukun dan harmonis, damai, serta lebih maju dalam segala sektor pembangunan. 

Usai menunaikan ibadah shalat Idul Adha, Gubernur Jambi menyerahkan kurban dari keluarga besar gubernur Jambi yakni satu ekor sapi yang diserahkan kepada Ketua Dewan Pengurus Masjid Al-Falah Jambi yang juga Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Sudirman yang selanjutnya disembelih dan didistribusikan kepada masyarakat sekitar.

Saat menyerahkan kurban tersebut, Fachrori mengajak masyarakat untuk sama-sama mendoakan agar pandemi COVID-19 segera berakhir di Provinsi Jambi, Indonesia bahkan dunia.

Ketua Dewan Pengurus Masjid Al-Falah Jambi, Sudirman berterima kasih kepada gubernur Jambi atas kurban yang diberikan. Sudirman mengatakan, ada empat ekor hewan kurban di masjid Agung Al-Falah terdiri dari dua ekor sapi dan dua ekor kambing. 

Rinciannya, satu ekor sapi dari gubernur Jambi, satu ekor sapi dari Dirut Bank Jambi dan dua ekor kambing dari masyarakat. Sudirman berharap hewan kurban tersebut bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

"Nanti sore akan dipotong dan langsung didistribusikan bagi masyarakat. Kita berharap Idul Adha ini memberikan rasa damai, rasa tentram, rasa kebersamaan kita. Semoga yang kita lakukan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Provinsi Jambi," ujar Sudirman.

Sementara dalam pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Falah Jambi tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. 

Sebelum shalat dimulai, pengurus Dewan Masjid Agung Al-Falah Jambi berkali-kali menegaskan melalui mikrofon, bahwa seluruh jamaah harus menggunakan masker dan menjaga jarak fisik (physical distancing). 

Tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun disediakan di beberapa titik. Di bagian depan masjid sudah dibuat tanda silang sebagai pertanda jarak per orang. Setelah selesai shalat, pengurus mengumumkan, mengimbau jamaah untuk sebaiknya tidak bersalam-salaman.(har)