Ketua DPRD Sarolangun Support Akurasi Penyaluran Bantuan Beras JPS Tahap II

Selasa, 16 Juni 2020 - 20:24:31


Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari SE serahkan bantuan beras JPS Tahap II
Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari SE serahkan bantuan beras JPS Tahap II /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun, Tontawi Jauhari memberikan support terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun dalam akurasi dan percepatan realisasi penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) berupa beras Jaringan Pengaman Sosial (JPS) tahap ke-II.

Pada Selasa (16/06) sekitar pukul 14.00 WIB di Kantor Camat Sarolangun dilaksanakan penyaluran bantuan beras JPS tahap ke-II oleh Bupati, H Cek Endra bersama Muspida untuk warga Kecamatan Sarolangun yang tidak mampu, dimana terkena imbas Corona Virus Disease (Covid-19).

Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari SE ketika dimintai keterangan mengatakan, realisasi penyaluran bantuan beras JPS tahap ke-II merupakan program dan kegiatan Pemkab Sarolangun yang dimotori oleh Dinas Sosial, sasarannya adalah warga tidak mampu.

“Sesuai dengan perencanaan, bahwa penyaluran bantuan beras JPS untuk warga terimbas Covid-19 akan dilakukan selama 3 bulan, terhitung dari bulan Mei hingga Juli 2020. Kita merespon secara positif terhadap program Pemkab ini,”jelas Tontawi Jauhari.

Dipaparkan Ketua DPRD, salah satu langkah dalam mengakurasikan data terhadap penerima Bansos Covid-19, jika DPRD sudah mendapatkan laporan dari OPD, bahwa mereka langsung action turun ke masing-masing kantor camat untuk mengambil data penerima Bansos. Dalam hal ini, bagi masyarakat yang dinilai layak dapat Bansos Covid-19, namun sebaliknya secara riil tidak tersentuh Bansos, maka hal tersebut akan disiasati dengan merealisasikan bantuan yang bersumber CSR, misalkan di Pauh.

“Kita berharap realisasi Bansos Covid-19 dilakukan secara akurat, kemudian tidak terjadinya penyimpangan. Perlu diingat, dalam penggunaan dana Covid-19 tidak bisa main-main, sebagaimana arahan yang telah disampaikan oleh pak Presien RI,”ucapnya.

Terpisah, Bupati Sarolangun mengatakan, penyaluran bantuan sosial berupa beras JPS tahap kedua, atau bulan Juni 2020 di Kecamatan Sarolangun direalisasikan untuk  2.384 KK dengan total beras sebanyak 47.680 Kg.

“Dari 2.384 KK, masing-masing mendapatkan 20 Kg beras. Masih ada satu kali lagi Pemkab merealisasikan penyaluran bantuan beras JPS, yakni untuk bulan Juli 2020,”tandasnya.

Hadir dalam penyerahan bantuan beras JPS, Sekda Ir Endang Abdul Naser, Kajari Sarolangun Bobby Ruswin SH MH, Dandim 0420 diwakili Pabung Mayor CHB Mentomery, Kapolres diwakili Kapolsekta Sarolangun AKP Sumarno Berutu, Assiten II Ir Dedy Hendry, Kadis Sosoal H Juddin, Kadis Kominfo Kurniawan ST, Camat Sarolangun, Lurah dan Kades.    

 

PENULIS : CHARLES R

EDITOR : ANSORY S