Pemkot Bagikan 1500 Lebih Nasi Bungkus

Sabtu, 04 April 2020 - 16:48:13


Walikota Fasha memantau langsung  pembagian nasi bungkus gratis.
Walikota Fasha memantau langsung pembagian nasi bungkus gratis. /

radarjambi.co.id-KOTAJAMBI -Walikota Jambi Syarif Fasha melakukan peninjauan Pelaksanaan Pembagian makan siang gratis berupa Nasi Bungkus Pada Kegiatan Jaring Pengaman Sosial Kota Jambi. Sabtu (04/04).

Terdapat tiga titik lokasi pembagian makan siang gratis( nasi bungkus )yakni Depan WTC Batanghari, Depan Lippo Plaza dan berakhir di Bundaran Tugu Keris Kota Jambi.

Dalam kesempatan itu, Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan bahwa Pemerintah Kota Jambi pada Jum'at (03/04)kemarin telah melakukan jejaring sosial.

Disampaikan walikota Jambi Syarif Fasha bahwa diketahui imbas penanganan Covid-19 merupakan pelaku ekonomi, pekerja di tingkat paling bawah yang mengalami kesulitan dalam pendapatan.

"Bagi pekerja yang dapat penghasilan hari ini untuk makan hari esok, itulah yang menjadi sasaran kita. Kami menyiapkan makan siang gratis untuk masyarakat yang masuk kategori tersebut. Untuk itu Pemkot harus berupaya bagaimana untuk tidak terlalu membuat sengsara masyarakat, dengan membagikan makan siang gratis untuk mereka berupa nasi bungkus," Jelasnya.

Terdapat 1.500 nasi bungkus yang di bagikan pemkot untuk para pekerja, baik pekerja harian, Ojek Online, ataupun sopir angkot.

Di ketahui dana yang di gunakan pemkot merupakan dana yang di himpun dari dana bantuan masyarakat dan pelaku-pelaku usaha yang ada di Kota Jambi peduli terhadap penanganan covid-19.

Fasha berharap dengan adanya bantuan ini pengusaha/pelaku usaha dapat lebih banyak lagi memeberikan bantuan.

" Mudah-mudahan bantuan dari masyarakat, pelaku usaha dan pengusaha dapat lebih banyak lagi memberikan bantuan, sehingga kami bisa menambahnya, tidak hanya 1.500 nasi bungkus saja, namun bisa di tambah lebih dari 1.500 nasi bungkus," Ujar Fasha.

Dalam kegiatan ini, pemerintah Kota Jambi akan melakukan selama 2 bulan kedepannya, kecuali di hari minggu.

"Dihari Senin hingga Sabtu pemkot akan rutin lakukan kegiatan ini, Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang saat ini tidak lagi memikirkan makan siangnya," Tuturnya.

Menjelang memasuki bulan Suci Ramadhan, Pemkot juga akan membagikan sembako gratis kepada masyarakat yang sudah di hitung jumlahnya, lebih kurang 12.500 paket sembako yang akan di berikan kepada masyarakat yang tidak mampu.

Fasha mengatakan bahwa Kegiatan tersebut tetap dilakukan pemkot, namun kali ini berupa takjil yang akan di bagikan.

"Kegiatan akan dilanjutkan Sampai bulan puasa. Nanti akan dipikirkan, apakah takjil/ nasi kotak," Katanya.

Ia menambahkan Mengenai Sosial distancing, pemkot tetap sampaikan kepada masyarakat, semaksimal mungkin dan juga setiap titik-titik pembagian nasi bungkus tersebut bahwa pemkot tetap melakukan protokol kesehatan dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan lain-lain.

Sementara Pengemudi Ojol, Yanto mengatakan penghasilannya turun hingga 70 persen akibat adanya wabah korona ini. Biasanya setiap hari ia bisa membawa pulang sebesar Rp200.000. Namun sekarang hanya tinggal Rp50.000-70.000 setiap hari.

"Jadi kami berterima kasih atas bantuan makan siang ini. Ini sangat membantu kami. Sudah dua hari ini kami merasakan ada bantuan makan siang gratis," katanya.

Yanto menambahkan bahwa ke depan ia berharap pembagian nasi bungkus ini agar diantar langsung ke tempat mangkal biasa ojek online.

"Jadi supaya tidak terjadi antrian, langsung diantar saja ke tempat kami mangkal," katanya. (ria)

 

Editor.  :  Ansory  S