Bertemu PGRI, Edi Purwanto Diskusikan Pemerataan Kualitas Pendidikan

Rabu, 29 Januari 2020 - 20:37:20


Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, menerima audiensi Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Jambi.
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, menerima audiensi Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Jambi. /

RADARJAMBI. CO. ID– Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, menerima audiensi Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Jambi sore tadi (29/1/2020) di ruang kerjanya.

Dalam kesempatan ini Edi bersama Pengurus PGRI yang baru terpilih itu mendiskusikan berbagai hal seputar pendidikan di provinsi Jambi, diantaranya terkait pemerataan kualitas pendidikan. 

Edi menyampaikan bahwa salah satu visi Presiden RI Joko Widodo adalah pembangunan sumber daya manusia, dengan semboyan SDM Unggul, Indonesia Maju. Maka, diantara cara agar terbangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul adalah dengan pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan.

“Jadi sistem zonasi sekolah sebenarnya sudah baik, salah satu tujuannya adalah pemerataan kualitas pendidikan, jadi tidak ada lagi istilah sekolah favorit atau tidak favorit, semua sekolah harusnya punya kualitas yang sama,” ujar Edi.

Namun Edi memahami bahwa memang butuh proses yang tidak sebentar untuk menyamakan kualitas pendidikan. Ia berharap hal ini dapat menjadi salah satu perhatian pemerintah provinsi Jambi. 

“Selama ini kan sekolah favorit berisi guru-guru terbaik dengan fasilitas terbaik juga, dan pemerintah support itu, sekarang seharusnya kebijakan itu berubah, sekarang giliran sekolah-sekolah yang dilabeli non favorit juga harus disupport dengan guru dan fasilitas terbaik,” tegasnya.

Terkait keluhan beberapa sekolah swasta yang merasa dirugikan dengan sistem zonasi menurut Edi pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Menurutnya sekolah swasta juga harus terus berbenah untuk meningkatkan kualitasnya. 

“Sebagian masyarakat kita yang perekonomiannya baik nggak lihat negeri atau swasta kok, selama kualitasnya baik, mereka akan cari,” terangnya. 

Edi juga berharap agar pendidikan di provinsi Jambi berbasis life skills, supaya setelah menamatkan bangku sekolah, para lulusan memiliki ketrampilan yang dapat diterapkan di dunia kerja.

“Kita punya Sumber Daya Alam yang banyak, seharusnya para siswa diberikan keterampilan untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut,” ujarnya.

Menurut Edi PGRI dapat mengambil peran dalam melakukan pemetaan kualitas dan kondisi sekolah dalam rangka pemerataan kualitas pendidikan di provinsi Jambi.

Ketua PGRI provinsi Jambi, Lukman, menyambut positif permintaan ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi tersebut.

“Kami siap jadi mitra strategis pemerintah,” ujar Lukman.(*)

Editor : Endang