Wako Minta OPD Serahkan Data Yang Diperlukan BPK

Kamis, 31 Januari 2019 - 21:29:18 | dibaca: 155 kali


/

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - BPK RI menggelar pertemuan dengan jajaran Pemkot Jambi dalam rangka Audit Pendahuluan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Jambi Tahun Anggaran 2018. Dihadiri oleh seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah kota Jambi. Kamis (31/1).

Wakil Walikota Jambi Maulana menyampaikan bahwa berdasarkan Pasal 298 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Disebutkan bahwa Kepala Daerah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD paling lambat enam bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Sehingga untuk memenuhi pasal tersebut, syarat yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Daerah yaitu laporan kinerja telah diperiksa/diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Sebagai langkah percepatan maka dilaksanakan Pemeriksaan Pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Jambi Semester I Tahun Anggaran 2018," kata Maulana.

Melalui pertemuan ini dirinya menekankan agar seluruh Kepala OPD selalu kooperatif dalam mengumpulkan bahan pada proses audit dari Tim BPK. Sehingga pelaksanaan pemeriksaan pendahuluan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan bersama.

Selanjutnya kepada tim pemeriksa, Maulana menyampaikan permohonan apabila selama dalam proses audit, mulai entry meeting, exit meeting sampai dengan penyerahan hasil audit terdapat tanggapan yang tidak berkenan.

"Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila selama proses pemeriksaan banyak yang tidak berkenan," katanya.

Menurutnya pemeriksaan ini diberikan waktu enam bulan. Maulana juga meminta kepada kepala OPD agar menyerahkan apa saja data yang diminta oleh BPK.

"Supaya pemeriksaan berjalan baik dan lancar," ujarnya.

Maulana berharap agar saat April mendatang, hasil dari pemeriksaan BPK yakni kota Jambi dapat meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

Bahkan pemeriksaan tahun ini juga sudah menggunakan sistem internet.

"Kita juga sudah siapkan untuk penggunaan akses internet yang lancar," katanya.

 

 

Reporetr : Musriah

Editor     : Ansori