Badan Kesbangpol Provinsi Jambi Lakukan Pembinaan Ormas Jelang Pilkada

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:10:10


Mukti
Mukti /

radarjambi.co.id-JAMBI- Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, Badan Kesbangpol Provinsi Jambi turut menawarkan solusi dan inovasi menghadapi Pilkada serentak 2020, termasuk penanganan Covid-19.

Sebab pemilihan langsung kepala daerah merupakan wujud demokrasi di daerah. Jelang Pilkada Badan Kesbangpol Provinsi Jambi Bina Organisasi Masyarakat 

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, Mukti mengatakan pemilihan kepala daerah serentak yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19, merupakan momentum dan ajang gerakan bersama, dalam penanganan Covid -19 beserta dampak sosial-ekonominya.

Mukti mengatakan untuk menciptakan pemilu yang damai bukan hanya komitmen penyelenggara pemilu tetapi merupakan komitmen seluruh bangsa Indonesia.

"Melihat kenyataan ini untuk menciptakan pemilu damai yang menjadi komitmen seluruh komponen bangsa, tampaknya tidak cukup jika hanya berharap pada penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu," ujar Mukti.

Bahkan Organisasi Masyarakat (Ormas) juga dapat mengambil peran penting untuk mendukung Pilkada damai dan aman Covid-19 karena Ormas memiliki cakupan yang cukup luas.

Maka dari itu Badan Kesbangpol Provinsi Jambi melakukan pembinaan kepada Ormas Provinsi Jambi.

"Tidak kalah penting adalah peran organisasi masyarakat,  karena Ormas memiliki peran-peran penting dengan cakupan yang luas," tambahnya.

Mukti menambahkan, berdasarkan update data Ormas terbaru hingga 12 Agustus 2020, jumlah Ormas yang terdaftar di Kesbangpol Provinsi Jambi berjumlah 1108 orang, dengan rincian, Kesbangpol  Provinsi Jambi: berjumlah 338 Ormas tidak berbadan hukum dalam bentuk surat keterangan terdaftar, Kesbangpol kabupaten kota: 642 ormas tidak berbadan hukum dalam bentuk surat keterangan terdaftar, dan Kemenkumham: 128 berbentuk yayasan dan perkumpulan. (rvi)