Hasil Jejak Pendapat Lembaga Survei ADRC, Elektabilitas Amir Sakib Cukup Tinggi

Senin, 06 Juli 2020 - 19:40:26


Amir Sakib
Amir Sakib /

Radarjambi.co.id, TANJABBAR - Berdasarkan hasil jajak pendapat Lembaga Survei Aksara Data Research Center (ADRC) mencatat elektabilitas para kandidat calon Bupati Tanjung Jabung Barat dalam Pilkada 2020.

Ada satu yang menarik, elektabiliatas Wakil Bupati Tanjab Barat saat ini, Drs H Amir Sakib masih tinggi dibandingkan dengan beberapa kandidat lain yang digadang-gadang bakal maju menuju BH 1 EZ.

Adapun pilihan responden ADRC yakni Amir Sakib 25,00 persen mengalahkan Muklis 16,67 persen, Cici Halimah 8,33 persen Anwar Sadat 8,33 persen dan yang belum menentukan pilihan sebesar 8,33 persen. Hanya saja, elektabilitas Amir Sakib masih di bawah Ketua DPRD Tanjab Barat, Mulyani Siregar 33,33 persen.

Ketua ADRC, David Hadiosman melalui Sekretaris ADRC, Ferry Prayitno mengungkapkan, elektabilitas Ketua DPRD Tanjung Jabung Barat yang juga adek Kandung Bupati Tanjabbar Mulyani Siregar diikuti Wakil Bupati Tanjab Barat, Drs H Amir Sakib mendominasi dibandingkan kandidat calon Bupati lainnya.

“Elektabilitas ini diukur berdasarkan jajak pendapat yang kami buat di medsos selama 15 – 21 Juni 2020 lalu, selama satu minggu sesuai pilihan responden secara online,” ujar Fery dalam pemaparan rilis Jajak Pendapat elektabilitas nama-nama Kandidat Calon Kepala Daerah pilihan responden, Senin (6/7).

Fery menjelaskan dalam metode pertanyaan terbuka, pihaknya mengajukan pertanyaan tentang siapa kandidat calon Bupati Tanjabbar kepada responden.

"Lewat metode ini, responden diperbolehkan memberikan jawaban siapa saja (berdasarkan top of mind). Hasilnya, elektabilitas kandidat untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yakni Mulyani Siregar tercatat mencapai 33,33 persen dan Drs H Amir Sakib 25,00 persen,” lanjut Fery.

Sementara nama Kandidat Calon Bupati Tanjung Jabung Barat pilihan responden ADRC, lanjut Fery yakni Muklis 16,67 persen, Cici Halimah 8,33 persen Anwar Sadat 8,33 persen dan yang belum menentukan pilihan sebesar 8,33 persen.

Fery juga mengungkapkan jajak pendapat ini dilakukan karena pihaknya akan melakukan survey mengalami kendala karena pandemi covid-19 saat ini. Namun demikian, ia mengaku keakuratan hasil jajak pendapat ini bisa sebagai patokan sementara.

"Kita juga turun ke lapangan ke lima daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak tahun 2020, maka kita mendapatkan nama-nama Kandidat Calon Bupati/Walikota pilihan responden, berdasarkan jajak pendapat yang kita lakukan,” kata Ferry Prayitno.

Hal tersebut sudah cukup membuktikan kalau Drs H Amir Sakib sangat layak untuk dilirik Parpol dibandingkan kandidat lain yang elektabilitasnya masih jauh dibawahnya.

Bukan tanpa alasan, popularitas dan elektabilitas Amir Sakib atau lebih akrab disapa Pak Kumis di Kabupaten Tanjab Barat wajar tergolong tinggi, pasalnya selain dikenal dengan sosok yang ramah dan bergaul dengan masyarakat, memiliki massa dan basis.

Sebelum menjadi Wakil Bupati Tanjab Barat Periode 2016-2021 mendampingi H Safrial, Amir Sakib adalah sosok birokrasi yang membawa berubahan ke arah yang lebih baik setiap instansi yang dipimpinnya.

Baik sebagai Camat maupun sebagai Pemimpin Instansi Pemerintah lainnya, wajar saja Amir Sakib yang Sering dianugrahi penghargaan Camat Teladan dimasanya.(ken)

 

Editor