Waka DPRD Syahrial Gunawan Pimpin Paripurna LKPj Pelaksanaan APBD 2019

Rabu, 01 Juli 2020 - 20:54:43


Paripurna tingkat I tahap I, penyampaian nota pengantar LKPj Pelaksanaan APBD Sarolangun tahun anggaran 2019.
Paripurna tingkat I tahap I, penyampaian nota pengantar LKPj Pelaksanaan APBD Sarolangun tahun anggaran 2019. /

Radarjambi.co.id.SAROLANGUN-Dewan Perwkilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun melaksanakan rapat paripurna tingkat I tahap I dengan agenda penyampaian nota pengantar terhadap tentang Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPj) Pelaksanaan APBD Sarolangun tahun anggaran 2019.

Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua (Waka) II, Syahrial Gunawan didampingi Ketua DPRD Tontawi Jauhari SE, Waka I Aang Purnama, Hadir 29 dari 35 orang anggota DPPRD.

Dikatakan Syahrial Gunawan, paripurna yang digelar ini bersamaan mendengarkan pemaparan dari eksekutif terhadap laporan keuangan atas pelaksanaan APBD tahun 2019 .

“LKPj pelaksanaan APBD tahun 2019 merupakan laporang keuangan yang disampaikan dalam bentuk Raperda,”katanya.

Wakil Bupati (Wabup) dalam pemaparan menjelaskan, jika laporan keuangan tahun 2019 sudah dilakukan audit oleh BPK Perwakilan Jambi dan pengujian dari sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan undang-undangan.

“Laporan keuangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2019 mendapat opini WTP dari BPK Perwakilan Jambi,”katanya.

Secara umum pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2019, meliputi rencana dan realisasi pelaksanaan APBD target pendapatan daerah, realisasi belanja daerahrealisasi pembiayaan daerah, SILPA, neraca, laporan arus kas, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas dan laporan perubahan saldo anggaran.

“Kami berharap kepada seluruh OPD untuk fokus mengikuti proses pembahasan bersama legislatif terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2019 sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,”katanya.

Berdasarka pantauan, paripurna  LKPj Pelaksanaan APBD Sarolangun tahun anggaran 2019 juga ditandai dengan penyerahan bundel laporan penggunaan keuangan 2019 oleh Wabup H Hillalaltil badri ke Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari SE.

 

PENULIS: CHARLES R

EDITOR: ANSORY S