Raih WTP 4 Tahun Beruntun, Emalia Sari: Ini Kerja Keras Semua SKPD Atas Bimbingan Pimpinan

Jumat, 26 Juni 2020 - 21:27:11


Kepala BPKAD Sarolangun, Emalia Sari SE
Kepala BPKAD Sarolangun, Emalia Sari SE /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)  Kabupaten Sarolangun tahun anggaran 2019 dari BPK Perwakilan Jambi, bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Predikat opini WTP yang diraih oleh Pemkab Sarolangun secara beruntun 4 tahun tak lepas dari hasil kerja keras yang didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM), kemudian mengikuti langkah dan petunjuk tekhnis yang mengacu pada aturan yang prosedural.  

Kepala BPKAD Sarolangun, Emalia Sari SE pasca menerima hasil LHP tentang LKPD dari BPK Perwakilan Jambi pada Jum’at (26/06), sore di kantor bupati tampak ceria, namun dibalik itu juga terselip wajah yang sedikit mengharukan.

Ketika dimintai Keterangan, Emalia Sari menyebutkan, dengan diperolehnya predikat WTP, dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Penyusun Laporan Keuangan (TPLK) BPKAD Sarolangun yang telah bekerja keras, terkadang menghabiskan waktu lembur siang dan malam dalam melakukan pencatatan, menata dan menyajikan laporan keuangan yang dihimpun dari semua SKPD.

“Predikit opini WTP yang diraih ini merupakan hasil kerja sama dengan seluruh SKPD. Dalam penyusunan laporan keuangan BPKAD hanya merangkum, mengkoordinir, menghimpun, melaporkan semua laporan dan data dari semua SKPD.  Intinya prestasi yang diraih semua SKPD ini adalah berkat bimbingan dari pimpinan,”sebut Emalia Sari.

Dipaparkan Kepala BPKAD, jika tidak ada trek khusus terhadap TPLK dalam melakukan penyusunan laporan keuangan, hanya saja diarahkan untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam bekerja, kemudian selalu berpedoman pada aturan, seperti akuntansi pemerintahan, sehingga laporan keuangan yang disusun sesuai dengan standar operasional prosedur.

“Kami juga meyakini, adapun salah satu penilaian dalam penyusunan laporan keuangan, apa bila laporan keuangan yang disusun sudah mengacu pada aturan. Ini terbukti atas WTP yang kita raih,”ucapnya.

Lantas disinggung kesan dan pesan untuk SKPD dan masyarakat, dipaparkan Emalia Sari, adapun kesan dan pesan terkait penyusunan laporan keuangan untuk SKPD,  yakni agar tetap melakukan pengelolaan keuangan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami sampaikan kepada masyarakat, bahwa inilah hasil kerja sama yang dibalut dengan kerja keras dari semua SKPD, ini akan dipersembahkan untuk Kabupaten Sarolangun, sehingga kita sudah bisa pertahankan WTP untuk tahun keempat secara berturut-turut. Khususnya, termakasih kepada kawan-kawan tim di BPKAD,”terangnya.

Menariknya, perolehan WTP 4 tahun beruntun ini, Emalia Sari meyakni bahwa akan ada insentif yang diterima dari pemerintah pusat, yakni berupa Dana Insentif Daerah (DID).

“Kalau untuk nilai DID yang akan kita terima, untuk saat ini belum bisa diketahui nilainya secara pasti. Namun, kita lihat saja perkembangannya nanti,”tandasnya.

 

PENULIS; CHARLES R

EDITOR: ANSORY S