Tebo Gelar Apel Canangkan Kampung Tangguh Nusantara

Selasa, 16 Juni 2020 - 19:46:01


Pencanangan kampung tangguh nusantara
Pencanangan kampung tangguh nusantara /

radarjambi.co.id-TEBO-Dalam menghadapi New Normal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo bekerjasama dengan Polres Tebo dan seluruh elemen masyarakat, melakukan kegiatan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara, yakni, Desa tangguh Karhutla, Pangan, dan Narkoba, dibentuk agar bersinergi dalam menghadapi New Normal Life di Kabupaten Tebo.

Bupati Tebo Dr. H. Sukandar, S.Kom M.Si langsung memimpin Pelaksanaan Apel Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara dalam kesiapan menuju New Normal Life di Kabupaten Tebo Tahun 2020, di Lapangan Mako Polres Tebo, Selasa (16/06).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa Pemkab dan Polres Tebo bersinergi dalam pembentukan Desa yang telah ditentukan sebagai desa tangguh Karhutla, Pangan, dan Narkoba.

"Untuk Desa Tangguh Nusantara Karhutla sendiri tersebar di lima desa dalam Kecamatan Sumay. Desa Tangguh Pangan berada di sebelas desa dan dua kelurahan. Sedangkan desa Tangguh Narkoba ditetapkan di Desa Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah,"ujar Bupati dalam sambutannya sembari menjelaskan bahwa penetapan Desa Tangguh Nusantara tersebut berdasarkan kelengkapan fasilitas seperti keberadaan posko dan personel.

"Ketahanan pangan yaitu gudang penyimpanan padi, ketahanan lingkungan terdiri dari pos keamanan dan personel serta ketahanan kesehatan, terdiri dari ruang isolasi, pos kesehatan dan kelengkapan peralatan,"lanjutnya lagi.

Sementara itu Kapolres Tebo AKBP Abdul Hafidz S.I.K, mengatakan Apel Deklarasi Pencanangan Bersama Tangguh Nusantara ini untuk kesiapan menuju New Normal Life dan Pilgub di Kabupaten Tebo.

Adapun Komitmen Bersama dan Pakta Integritas yang digabungkan, yakni:

1. Fokus pembentukan desa tangguh di Kabupaten Teno yakni Karhutla, Pangan dan Narkoba.

2. Tangguh (Tertib, Aman, Nyaman, Guyup, Gembira, Unggul dan Harmoni). Dan ke

3. Kabupaten Tebo menunjuk tangguh karhutla berada di kawasan kecamatan Sumay (5 desa), tangguh pangan di 11 kecematan yang berada di 11 desa, tangguh narkoba di 1 desa kecamatan Tebo Tengah.

"Kita minta semua kita berkomitmen untuk mengurutkan semua harapan kita bersama. Itu untuk kesejahteraan, enyamanan Masyarakat,"tegas Kapolres.

Apel diikuti oleh Unsur Forkopimda Tebo beserta jajaran, Kepala OPD terkait, Pimpinan Perusahaan Mitra, Kepala Desa Binaan Ormas dan Organisasi Kepemudaan.
Adapun personel apel terdiri dari Unsur TNI-POLRI, Satpol PP, BPBD, Damkar, Manggala Agni, dan MPA.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan alat sebagai pendukung program desa tangguh nusantara dan bantuan sembako kepada kepada organisasi mahasiswa dan organisasi masyarakat.

Selanjutnya penghargaan kepada perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam rangka membentuk desa tangguh nusantara karhutla pangan dan narkoba. (yan)


Editor ; Ansory S