Ratusan Hektar Lahan Perkebunan Terendam Banjir

Selasa, 19 Mei 2020 - 19:25:02


Sawah yang terendam
Sawah yang terendam /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Batanghari beberapa pekan ini, membuat ratusan hektar lahan perkebunan milik warga tergenang air.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batanghari naik debit air sungai batanghari setidaknya telah merendam 226, 65 hektar lahan perkebunan.

Kasi Kedaulatan dan logistik BPBD Kabupaten Batanghari, Makmun, menyebutkan bahwa lahan perkebunan yang banyak terendam tersebut terjadi di Kecamatan Muarabulian.

"Untuk Kecamatan Muarabulian kurang lebih 176.65 hektar yang terendam. Salah satunya di Terusan 165 hektar yang terendam. Dan rata-rata lahan tersebut, lahan sawit, Karet dan lainnya," ucapnya.

Selain di Kecamatan Muarabulian, lahan perkebunan yang terendam juga terjadi di Kecamatan Maro Sebo Ulu. Dilokasi ini lahan perkebunan yang terendam mencapa 50 Hektare.

"Namun saat ini kondisi air yang merendam perkebunan warga sudah mulai angsur angsur menyusut. Dan terus menyusut dan warga dapat kembali berkebun secara normal, " ucapnya

Ia juga menghimbau kepada warga agar selalu berhati hati dan tetap waspada karena alam tidak bisa tidak dapat di pastikan lagi kapan hujan, kapan panas.

"Kita hanya bisa memprediksi saja, untuk itu saya menghimbau agar warga senantiasa berhati hati dan selalu waspada, terlebih bagi perumahan yang dekat dengan kawasan Sungai Batanghari,"pintanya.(hmi)


Editor : Ansory S