Grab Siapkan Program GrabCare Untuk Medis dan Mitra Pengemudi Grab

Rabu, 08 April 2020 - 19:02:06


Penyemprotan disinfektan
Penyemprotan disinfektan /

radarjambi.co.id-JAMBI- Sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah pada Pada tanggal 16 Maret 2020. Grab telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk memerangi pandemik COVID-19 melalui gerakan KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk diantaranya wilayah Jambi dan sekitarnya.

“Gerakan KitaVSCorona" merupakan langkah awal kepada seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant dan karyawan Grab dalam memerangi pandemi COVID-19. Langkah selanjutnya, kita telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup seluruh rangkaian mitra kami di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Jambi dan sekitarnya,” ungkap Ahmad Fauzi, City Lead Jambi, Grab Indonesia, Selasa (7/4).

Abdul Roni, Kepala Satgas COVID-19 PMI Kota Jambi menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Grab di Jambi dalam menanggapi pandemi COVID-19. Pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Grab Jambi berupa penyemprotan desinfektan pada kendaraan mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam situasi penyebaran COVID-19 yang semakin luas, sehingga perlu ada langkah antisipasi pencegahan dan hal ini telah dilakukan oleh Grab Jambi. Kami berharap pengusaha-pengusaha angkutan lain dapat mengikuti apa yang dilakukan Grab Jambi, untuk melindungi mitra pengemudi dan pelanggan dari penyebaran virus COVID-19,” Ujar Roni.

Sejak dimulainya wabah penyebaran virus COVID-19 pada bulan Desember, Grab Indonesia telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pihak Grab pada respon kami terhadap COVID-19. Grab menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, Mitra Pengemudi dan merchant kami sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasional kami.

"Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi pandemi COVID-19 di Indonesia termasuk di Jambi dan sekitarnya," sebut Fauzi.

Berbagai inisiatif Grab dalam pencegahan pandemi COVID-19 di wilayah Jambi dan sekitarnya, mulai dari penyemprotan desinfektan bagi kendaraan mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar di Jambi dan sekitarnya.

Selanjutnya pemberian desinfektan agar dapat disemprotkan secara berkelanjutan bagi kendaraan mitra GrabBike dan GrabCar di Jambi dan sekitarnya. Selain itu, dilakukan edukasi gaya hidup sehat dan pencegahan penyebaran COVID-19 kepada mitra pengemudi secara online melalui aplikasi Grab Driver serta secara offline dengan protokol social distancing/jaga jarak sosial.

"Mitra Pengemudi dan pengiriman adalah tulang punggung platform kami. Kami juga telah mempersiapkan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis kepada mitra pengemudi Grab jika diantara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19," ujarnya.

Selain hanya itu, edukasi gaya hidup sehat dan pencegahan penyebaran COVID-19 bagi pelanggan melalui fitur GrabHealth yang menawarkan konsultasi kesehatan dalam aplikasi gratis kepada konsumen.

Yang dijalankan oleh tenaga medis profesional untuk menjawab pertanyaan seputar COVID-19. GrabHealth juga akan secara teratur berbagi konten pendidikan dengan publik untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Grab juga berikan bantuan jas hujan untuk petugas PMI Kota Jambi dan pemberian voucher GrabCar kepada rumah sakit rujukan, yaitu RSUD Raden Mattaher sebagai bentuk apresiasi Grab kepada tenaga medis yang berjuang melawan pandemi virus COVID-19.

Inisiatif diatas melengkapi berbagai inisiatif #KitaVSCorona yang telah diluncurkan secara nasional yang terdiri dari fitur Pemesanan Tanpa Kontak untuk layanan GrabFood dan GrabExpress.

Sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, Grab telah memperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak bagi pelanggan dan mitra pengemudi. Pelanggan GrabFood dan GrabExpress dapat mengikuti panduan Pemesanan Tanpa Kontak yang tersedia dalam aplikasi atau dengan mengikuti tiga langkah mudah.

Caranya, informasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan.

Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut.

"Kami sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya," jelasnya.

Pihaknya juga telah melakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan.

Serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik dan melakukan penyemprotan desinfektan ke area kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan.

Mitra pengantaran juga dihimbau untuk mencuci tangan mereka secara teratur, membersihkan tas GrabFood mereka secara berkala dengan cairan desinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu.

Dengan semakin banyaknya bisnis yang mengimplementasikan kebijakan untuk bekerja dari rumah, dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berdiam di rumah, Grab memperluas jaringan GrabExpress melalui kerja sama dengan Ninja Xpress.

Pelanggan dapat menggunakan layanan pengiriman on-demand Ninja Xpress di aplikasi Grab dengan jangkauan pengiriman dari Jabodetabek menuju Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua dengan tarif yang terjangkau.

“Kami berharap konsumen, mitra pengiriman dan mitra merchant Grab untuk terus saling menjaga dengan tetap waspada dan menerapkan praktik kebersihan yang baik. Kami akan memanfaatkan #KitaVSCorona untuk memastikan masyarakat Indonesia menerima informasi COVID-19 yang terkini dan andal untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.” tutup Ahmad Fauzi. (*/rvi)