Baru Tersedia Rp 4,7 Milyar untuk Penanganan Corona di Sarolangun

Rabu, 01 April 2020 - 11:53:06


Ketua DPRD, Tontawi Jauhari, Bupati H Cek Endra, Wabup H Hillalatil Badri, Sekda Endang Abdul Naser dan Asisten I Arief Ampera ikuti SOP untuk memasuki ruang paripurna dewan
Ketua DPRD, Tontawi Jauhari, Bupati H Cek Endra, Wabup H Hillalatil Badri, Sekda Endang Abdul Naser dan Asisten I Arief Ampera ikuti SOP untuk memasuki ruang paripurna dewan /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Dana yang baru tersedia untuk penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Sarolangun sebesar Rp 4,7 Milyar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sarolangun, Ir Endang Abdul Naser saat dimintai keterangan di gedung DPRD Sarolangun pada Selasa (31/03), siang mengatakan dana yang baru terkumpul dari pengalihan perjalanan dinas OPD yang ada dijajaran Pemkab Sarolangun sebesar Rp 2,1 Milyar, sedangkan Rp 1,6 Milyar bersumber dari dana tanggap darurat Pemkab Sarolangun.

“Informasi terakhir yang kami himpun ada lagi sumbangan dari perjalanan dinas anggota DPRD  Sarolangun sebesar Rp 1 Milyar. Total sementara dana untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Sarolangun baru tersedia Rp 4,7 Milyar,”kata Ir Endang Abdul Naser.

Dijelaskan Sekda, pengalihan kegiatan perjalanan dinas OPD yang diberlakukan itu merupakan tindaklanjut atas surat edaran Kemenkeu dan Permendagri tentang Revisi dan Realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kita berupaya melakukan penambahan dana untuk penanganan Corona, minimal Rp 6 Milyar, tentu saja akan dilakukan evaluasi terhadap kegiatan yang dinilai tidak fleksibel, dimana anggarannya tersebut juga akan dialihkan untuk penanganan Corona,”ucapnya.

Disamping itu, Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari SE menyebutkan, jika hasil koordinasi dengan ketua fraksi, maka DPRD siap mengalihkan anggaran perjalanan dinas Rp 1 Milyar untuk penanganan Covid-19.

“DPRD Sarolangun saling bersinergi dengan pemerintah daerah dan Forkompimda serta semua elemen masyarakat dalam penanganan Covid-19. Kita menginginkan masyarakat Sarolangun tercinta aman dari penularan wabah Covid-19,”sebutnya.

Ditambahkan Ketua DPRD, jika persediaan dana yang diperuntukkan sebagai penanganaan Covid-19 untuk direalisasikan semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan secara riil, seperti kebutuhan bersosialisasi, kebutuhan ADP, insentif medis, karantina, termasuk bantuan Sembako dan lainnya.

“Dengan situasi dan kondisi saat ini, kami minta kepada lapisan masyarakat agar jangan panik, patuhilah himbauan pemerintah serta berlakukan pola hidup yang sehat dilingkungan kita,”tandasnya.  

PENULIS “ CHARLES R

EDITOR : ANSORY S