TKI Pulang Lewat Pelabuhan Roro, Dewan Minta Fasilitas Pemeriksaan Memadai

Rabu, 25 Maret 2020 - 13:25:42


Penyemprotan pelabuhan roro
Penyemprotan pelabuhan roro /

radarjambi.co.Id-TANJABBARAT- - Terkait informasi akan adanya pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia melalui akses pelabuhan Roro, sedikit membuat resah masyarakat Tanjab Barat karena ditakutkan fasilitas yang dimiliki petugas kesehatan untuk pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di Tanjab Barat masih minim atau kurang memadai.

Dikatakan Anggota DPRD Tanjab Barat dari Komisi II, Sufrayogi Syaiful, Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat haris mengkaji secara matang sebelum kedatangan para TKI asal negeri Jiran tersebut.

"Terkait TKI ini, kita juga tidak bisa melarang karena mereka juga adalah Warga Negara Indonesia (WNI), namun harus disiapkan dulu, baik pos penjagaannya maupun alat pelindung diri petugas harus disiapkan secara matang," ujar Yogi, Rabu (25/3).

Menurutnya, selama ini pasilitas pelindung tubuh petugas hanya menggunakan masker dan itu diragukan terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Kan sampai saat ini petugas hanya pakai masker. Itu sebenarnya sangat rentan, ketika nanti terjadi hal yang tak diinginkan, seperti ada petugas yang terinfeksi tentu dengan mudah menyebar ke orang-orang yang lain, hal seperti ini yang perlu dikaji lagi oleh Pemkab," jelas politisi Golkar itu.

Sementara itu, Pemkab Tanjab Barat melalui Juru Bicara Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19, H. Taharuddin mengaku belum dapat informasi terkait adanya pemulangan TKI dari Malaysia lewat akses Pelabuhan Roro, namun pihaknya tetap siaga dengan memanfaatkan fasilitas seadanya.

"Kita belum dapat informasi, namun tetap kita siagaan setiap penumpang dan kendaran akan kita cek, untuk pasilitas yang disiapkan ya mengecek suhu tubuh serta menyeprotan disinfektan ke tubuh penumpang dan kendaraan, itulah upaya dari Pemda untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini," ungkpnya

Meski demikian, dikatakan Taharuddin, informasi ini akan dibawa ke forum rapat bersama Kapolres serta tim inti lainnya.

"Dan akan kita bicarakan untuk antisipasi pencegahan dan penanganan kedepannya. Nanti perkembangan akan saya hubungi lagi," tutup Kadis Kominfo Tanjabbar itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pemulangan beberapa TKI dari Malaysia melalui akses Pelabuhan Roro Kualatung, Provinsi Jambi akan diberangkatkan Besok (26/3) dari Malaysia menuju Kota Batam dan dari Batam akan menggunakan Kapal Roro menuju Provinsi Jambi melalui Pelabuhan Roro Kualatungkal. (ken)

 

 

Editor  :  Ansory S