Pasca SKD, Pelamar CPNS Tanjabbar Cemas Dengan Hasilnya

Senin, 24 Februari 2020 - 20:52:39


Peserta tes SKD asal Tanjabbar di BW luxury Hotel.
Peserta tes SKD asal Tanjabbar di BW luxury Hotel. /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Setelah mengikuti Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) para pelamar CPNS di Tanjab Barat kembali dicemaskan dengan hasil SKD yang didapat.

Hal itu menyusul tidak diketahuinya jumlah pesaing dan perolehan nilai SKD pelamar lainnya yang sama-sama dalam formasi dilamar menghadapi Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sementara pada pengumuman hasil SKD yang dikeluarkan setelah tes SKD kemarin secara acak juga tidak menyebutkan formasi masing-masing peserta.

"Berapa ya pelamar di formasi yang saya ambil ini, dan berapa juga nilai SKD mereka, ini yang saya cemaskan dengan nilai yang saya peroleh," ucap Randi salah satu peserta yang sudah mengikuti SKD.

Menurutnya, tahun sebelumnya ditampilkan jumlah pelamar ditiap formasi. "Namun tahun ini tidak, bisa jadi kita tertindih oleh pesaing sesama di formasi," tukasnya.

Sebelumnya BKN, melalui akun Twitter @BKNgoid, mengunggah informasi tersebut. BKN sengaja menghilangkan fitur tersebut pada penerimaan CPNS 2019 dengan alasan guna mengurangi indikasi kecurangan penyalahgunaan data pelamar.

BKN berkaca pada penerimaan CPNS 2018 dimana jumlah pelamar yang ditemukan dalam menu Sistem Pencarian Formasi (SPF) pada portal www.sscn.bkn.go.id ditemukan banyak pelamar fiktif.

Sejumlah oknum tersebut memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat formasi tertentu terlihat banyak pendaftar, padahal tidak, sehingga bisa mengecoh para pelamar.

Cara Mengetahui Jumlah Pelamar CPNS di Formasi yang kamu ikuti. Ternyata BKN tetap menyediakan soal jumlah pelamar di setiap formasi CPNS 2019 setelah semua instansi menutup pelamaran.

Tips untuk melihat data pelamar di setiap formasi CPNS 2019, informasinya bisa dilakukan dengan mengakses laman SSCN, https://sscndata.bkn.go.id/spf.
Di laman https://sscndata.bkn.go.id/spf tersebut akan menampilan kolom Instansi, Jabatan, Lokasi, Pendidikan dan Jenis Formasi.

Ketik di kolom Instansi dengan keyword misalkan 'Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi atau lainnya.

Bisa juga dengan melakukan pencarian berdasarkan tempat. Ketik di kolom lokasi, misalkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(ken)

Editor  :  Ansory S