Gubernur Jambi: Peran Kepolisian Sangat Penting

Jumat, 14 Februari 2020 - 09:36:44


Fachrori saat menghadiri Pisah Sambut Kapolda Jambi dari Irjen Pol Drs.Muchlis AS,MH., kepada Irjen Pol Drs.Firman Shantyabudi,M.Si., yang berlangsung di Ballroom Swiss-belhotel Jambi, Kamis (14/02) malam.
Fachrori saat menghadiri Pisah Sambut Kapolda Jambi dari Irjen Pol Drs.Muchlis AS,MH., kepada Irjen Pol Drs.Firman Shantyabudi,M.Si., yang berlangsung di Ballroom Swiss-belhotel Jambi, Kamis (14/02) malam. /

RADARJAMBI.CO.ID-Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, M Hum mengemukakan, peranan kepolisian sangat penting sekali dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga suasana menjadi kondusif guna mendukung pemerintahan menyelenggarakan tugas dan fungsinya, khususnya Pemerintah Provinsi Jambi. Hal tersebut dikemukakan Fachrori saat menghadiri Pisah Sambut Kapolda Jambi dari Irjen Pol Drs.Muchlis AS,MH., kepada Irjen Pol Drs.Firman Shantyabudi,M.Si., yang berlangsung di Ballroom Swiss-belhotel Jambi, Kamis (14/02) malam.

“Kita semua mengetahui, saat ini kondisi keamanan dan ketertiban di Provinsi Jambi aman dan terkendali serta suasananya sangat kondusif guna mendukung kelancaran Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya. Ini semua tidak terlepas dari peranan kepolisian dibawah kepemimpinan Bapak Muchlis dalam membantu kepala daerah untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi masyarakat Jambi,” ujar Fachrori.

Fachrori menuturkan, dalam kurun waktu 2 tahun lebih sebagai Kapolda Jambi, Irjen Pol.Drs.Muchlis AS,MH., telah banyak berbuat untuk Provinsi Jambi yang merupakan tanah kelahirannya. Irjen Pol Muchlis telah banyak melakukan inovasi untuk Provinsi Jambi, salah satunya adalah Polda Jambi mengalami kenaikan tipelogi dari tipelogi B menjadi tipelogi A semasa beliau menjabat.

“Irjen Pol Muchlis sangat berperan aktif pada Tim Satgas Karhutla dalam membantu Pemerintah Provinsi Jambi untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan tahun 2019. Kita juga mengetahui, Irjen Pol Muchlis beserta jajarannya, baru baru ini berhasil menggagalkan penyelundupan baby lobster yang merugikan negara Rp.7 miliar dan sebelumnya pada bulan Mei 2019 juga berhasil menggagalkan penyelundupan baby lobster yang merugikan negara Rp.12 miliar,” tutur Fachrori.

“Irjen Pol Muchlis juga berperan aktif dalam pengamanan pilkada di Kota Jambi, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Kerinci pada tahun 2018 dan pengamanan pemilu tahun 2019 di Provinsi Jambi. Beliau secara langsung ikut turun ke daerah daerah yang menyelenggarakan pilkada, dan alhamdulillah pilkada tahun 2018 dan pemilu tahun 2019 di Provinsi Jambi berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” lanjut Fachrori.

Untuk itu, Fachrori mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Irjen Pol Muchlis selama menjabat sebagai Kapolda Jambi telah memberikan berbagai prestasi untuk bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Irjen Pol Muchlis juga mendapatkan gelar adat dari Lembaga Adat Daerah Kabupaten Batanghari yaitu “Karang Setio,” yang artinya adalah Putra Terbaik Kabupaten Batanghari yang telah memberikan sumbangsih dan pengabdiannya kepada Masyarakat Kabupaten Batanghari, serta telah banyak memberikan kontribusi dan menjadi inspiratif bagi masyarakat Kabupaten Batanghari.

Pada akhirnya, Fachrori mewakili masyarakat Jambi mengucapkan terima kasih dan selamat jalan kepada Bapak Irjen Pol Muchlis beserta Istri yang akan bertugas di Mabes Polri, serta mengucapkan selamat datang kepada Bapak Irjen Pol Firman beserta Istri dan dengan kedatangan Bapak mudah mudahan kedepannya lebih membawa kemajuan bagi Provinsi Jambi.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi,M.Si., mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Irjen Pol Muchlis beserta istri yang telah memberikan kontribusi sangat besar, melalui beberapa program yang telah dilaksanakan untuk kemajuan Polda Jambi. “Semua kerja keras yang telah Bapak Irjen Pol Muchlis laksanakan, tentu akan semakin memudahkan langkah saya beserta jajaran Polda Jambi dalam melaksanakan tugas, peran dan fungsi Polri,” kata Firman.

Firman mengemukakan, selama kepemimpinan Bapak Irjen Pol Muchlis, Provinsi Jambi dalam situasi yang aman dan kondusif dibandingkan dengan daerah daerah lainnya dan berbagai terobosan telah dilakukan diiringi dengan berbagai prestasi yang telah banyak terukir selama kepemimpinan Bapak Irjen Pol Muchlis.

“Saya berharap, dengan bantuan semua elemen masyarakat dan stakeholder akan mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat Provinsi Jambi, terlebih pada tahun ini ada 5 daerah di Provinsi Jambi yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah, yaitu Provinsi Jambi, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” pungkas Firman.

Irjen Pol.Drs.Muchlis AS,MH., mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi beserta masyarakat Provinsi Jambi yang telah memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman dan ilmu dalam memimpin Polri ditingkat Polda. “Alhamdulillah, selama saya memimpin Polda Jambi, Gubernur Jambi beserta unsur Forkopimda dan masyarakat Jambi telah banyak membantu saya dalam memimpin Polda Jambi,” ujar Muchlis.

“Atas bantuan tersebut, selama saya memimpin dapat mengatasi permasalahan permasalahan sosial yang sering kita hadapi bersama, sehingga permasalahan tersebut bisa diselesaikan secara bersama, dan tidak sampai menimbulkan konflik ditengah tengah masyarakat Jambi,” terang Muchlis.

“Hal yang sangat berkesan dan tidak pernah diduga adalah saya bisa memimpin Polda Jambi, dimana Jambi merupakan tanah kelahiran saya. Saya bisa mengabdi dan berbuat untuk kemajuan Polda Jambi, khususnya Provinsi Jambi yang sangat saya cintai,” pungkas Muchlis.(*)

Editor :Endang