Fachrori: Data Akurat Penduduk Kunci Utama Kesuksesan Pembangunan

Rabu, 12 Februari 2020 - 09:25:57


Pencanangan Sensus Penduduk Tahun 2020 sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pencanangan Sensus Penduduk 2020 Provinsi Jambi di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu(12/2/20
Pencanangan Sensus Penduduk Tahun 2020 sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pencanangan Sensus Penduduk 2020 Provinsi Jambi di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu(12/2/20 /

RADARJAMBI.CO.ID-Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melakukan Pencanangan Sensus Penduduk Tahun 2020 sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pencanangan Sensus Penduduk 2020 Provinsi Jambi di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu(12/2/20).

Fachrori menegaskan pentingnya data akurat kependudukan bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan daerah. “Dengan data yang berkualitas, perencanaan pembangunan jadi lebih tepat sasaran dan data penduduk merupakan data dasar untuk membuat suatu perencanaan diberbagai bidang,” tegas Fachrori.

Menurut Fachrori, dengan memiliki data kependudukan yang akurat bisa lebih kuat dalam merencanakan suatu program atau kebijakan, dengan sensus penduduk tahun 2020 yang dilaksanakan 10 tahun sekali tersebut memiliki tujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan untuk Indonesia maju.

“Apresiasi upaya yang dilakukan oleh BPS Provinsi Jambi dalam sensus penduduk tahun 2020 yang telah mengeluarkan sensus penduduk online dengan harapan agar masyarakat dapat berpartisipasi sehingga manfaat sensus penduduk tahun 2020 akan semakin luas,” ujar Fachrori.

Memahami manfaat data kependudukan hasil sensus penduduk menjadi keharusan guna mendukung kegiatan besar tersebut dengan kunci utama kesuksesan sensus penduduk tahun 2020 adalah partisipasi dari seluruh elemen masyarakat, dengan harapan seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jambi beserta seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan dukungan penuh dalam menyukseskan sensus penduduk tahun 2020. “Semoga dengan pencanangan sensus penduduk tahun 2020 berdampak positif dalam menghasilkan satu data kependudukan untuk Indonesia maju,” ungkap Fachrori.

Sebelumnya, Kepala BPS Provinsi Jambi Drs.Wahyudin,M.Sc, menginformasikan sensus penduduk yang pertama kali dilakukan Indonesia adalah pada tahun 1961 dan tahun 2020 merupakan sensus penduduk ke-7 yang dilaksanakan oleh BPS setelah Indonesia merdeka,. Hal ini juga diselenggarakan oleh banyak negara, tidak kurang dari 64 negara melaksanakan kegiatan sensus penduduk pada tahun 2020 untuk menuju satu data kependudukan.

Sensus Penduduk Tahun 2020 mengambil tema Mencatat Indonesia Menuju Satu Data Kependudukan untuk Indonesia Maju.

Kepala BPS Provinsi Jambi menjelaskan tujuan Sensus Penduduk Tahun 2020: yang pertama adalah menyiapkan data jumlah kemudian komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk baik menurut de facto dan de jure. Kedua menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan perencanaan pembangunan dibidang kependudukan baik untuk pendidikan, kesehatan maupun untuk keperluan proyeksi penduduk kedepan.

BPS Provinsi Jambi menyelaraskan tema Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi ke-63 dengan tema Rumah bagi Keberagaman telah tercatat data keberagaman di Provinsi Jambi oleh BPS. “Ada sekitar 30 suku bangsa dengan menggunakan tujuh bahasa daerah dipakai setiap hari, tentunya tahun 2020 akan ada perubahan terkait dengan dinamika dan struktur perubahan budaya,” ujar Wahyudin.

Menurut Kepala BPS Provinsi Jambi, terkait Sensus Penduduk Tahun 2020 tidak hanya bermanfaat saat ini akan tetapi juga berguna untuk masa depan, dengan proyeksi 2020-2035 ada perubahan penting yang bisa dilihat pada data tahun 2019 dengan jumlah penduduk 3,5 juta menjadi 4,3 juta Tahun 2035 yang memerlukan perencanaan yang matang mengenai kebutuhan pangan, pendidikan, kesehatan, perumahan, dan lain sebagainya.

“Dari proyeksi penduduk Bonus Demografi masih terbuka, dalam rangka memanfaatkan bonus tersebut harus bisa meningkatkan SDM sebagai kunci keberhasilan dalam langkah pembangunan di Provinsi Jambi,” jelas Wahyudin.

Pelaksanaan serentak Sensus Penduduk Tahun 2020 di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Warga Negara Indonesia di luar negeri dengan tahapan sensus mulai pencatatan lengkap nama, alamat, pekerjaan, pendidikan, umur, rumah, dilanjutkan tahapan Pencacahan Sampel dengan metode kombinasi data dasar Dinas Dukcapil yang bertujuan menghasilkan satu data kependudukan. Untuk pengumpulan data sensus online pada tanggal 15 Februari-31 Maret pada situs Sensusbps.go.id kemudian dilanjutkan tahapan wawancara mendatangi rumah tangga dengan petugas yang membantu pendataan menggunakan HP.

“Koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintahan daerah, serta partisipasi masyarakat dengan memberikan jawaban yang jujur dan benar menjadi faktor kunci keberhasilan sensus,” ujar Kepala BPS Provinsi Jambi.

Pencanangan Sensus Penduduk Tahun 2020 Provinsi Jambi menjadi kebutuhan penting demi pembangunan yang tepat sasaran, dengan data yang akurat.(*)