Ternyata 15 SMP di Batanghari Belum Bisa UNBK Secara Mandiri

Selasa, 04 Februari 2020 - 22:48:47


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Ternyata, 15 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Batanghari pada Tahun pelajaran 2019/2020 belum bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang.

Pada tahun 2020 ini tercatat, dari 83 SMP/MTs di Kabupaten Batanghari hanya 45 SMP/MTs yang bisa melaksanakan UNBK. Dan dari 45 itu, 15 SMP/Mts masih menumpang. Sementara 35 SMP/MTs tidak bisa melaskanakan karena terkendala tidak adanya fasilitas pendukung.

“Jika dilihat jumlah tersebut, hanya sebagian SMP/MTs yang bisa melaksakaan UNBK pada April mendatang. Pertansenya hanya 51.04 persen,” kata Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batanghari, Irsyl Syarif, diruang kerjanya.

Dikatakan Irsyl Syarif, dari 45 jumlah SMP/Mts di Kabupaten Batanghari yang akan melaksankan UNBK tahun pelajaran mendatang hanya 30 SMP/Mts yang bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. 30 SMP/Mts diantaranya, 22 SMP/Mts Negeri dan 8 SMP/Mts swasta.

“Untuk SMP/MTs yang menumpang, dari jumlah 15 SMP/MTs tersebut, 13 SMP/MTs Negeri dan 2 SMP/MTs Swasta. Kita sarankan sekolah menumpang ke SMP, SMA dan SMK yang memiliki server UNBK dengan jarak tempuh sekolah yang dekat,” ujarnya.

Irsyl menyebutkan, Disdikbud Kabupaten Batanghari saat ini sudah mulai masuk tahap sosialisasi pelaksanaan UNBK tersebut. Sosialisasinya akan kita laksanakan pada bulan Februari ini.

Selain melakukan persiapan pihaknya juga berusaha dari jauh hari melakukan antisipasi terhadap jaringan listrik agar tidak menggangu pelaksanaan UNBK tersebut.

“Kita akan berkoordinasi dengan pihak PLN dengan cara menyurati, agar dalam pelaksanaan UNBK pihak PLN tidak mematikan lampu di sekolah yang menyelenggarakan UNBK,” ucapnya.

Seperti diketahui, jadwal UNBK SMP akan di ujikan mulai tanggal 20 s/d 24 April 2020 dengan empat materi pelajaran yakni Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Sedangkan untuk ujian susulan akan dilaksanakan 29 s/d 30 April 2020.(hmi)

 

Editor  :  Ansory S