Progam PINTAR Tanoto Foundation Bawa Kesenangan Bagi Siswa Dalam Belajar

Kamis, 09 Januari 2020 - 20:35:35



Guru dan siswa belajar aktif program PINTAR
Guru dan siswa belajar aktif program PINTAR /


radarjambi.co.id-KOTA JAMBI- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Junaedi Rahmad, dalam kegiatan temu mitra pemangku kebijakan dan kepala sekolah tingkat kabupaten di aula Dinas Pendidikan Tanjatim, Rabu, (8/1) mengatakan bahwa kualitas pembelajaran, manajemen sekolah, budaya baca disekolah dan madrasah mitra program PINTAR Tanoto Foundation semakin membaik di bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung.

Dikatakan Junaedi, Program PINTAR membawa kemajuan di sekolah dan madrasah melalui paket pelatihan bagi kepala sekolah, guru, dan juga komite.

Menurutnya salah satu yang hebat dari Program PINTAR ini adalah setelah pelatihan selesai, peserta tidak dibiarkan jalan sendiri, namun didampingi di sekolah dan madrasah.

Ditambahkannya, guru yang telah dilatih juga tidak dibiarkan sendiri, dukungan juga harus datang dari kepala sekolah dan peran serta masyarakat,

“Seperti sewaktu saya menghadiri unjuk karya SMPN 4 Tanjab Timur, guru didukung penuh oleh Kepala sekolah dan paguyuban orangtua siswa, mereka peduli, seperti menyumbang buku bacaan dan mendesain kelas agar indah,” ungkap Junaedi.

Junaedi berharap, apa yang dilakukan oleh warga SMPN 4 Tanjabtim ditiru oleh sekolah lainnya. Sebab itu dapat mencerminkan karakter dan budaya untuk bersama-sama memajukan sekolah.

Sementara itu, Misba, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tanjabtim mengaku senang dengan kemajuan guru madrasah yang mengikuti beragam paket pelatihan Program PINTAR dari Tanoto Foundation. Misba mengaku banyak dampak positif setelah guru mengikuti pelatihan.

"Yang pasti kami berterimakasih Program PINTAR Tanoto Foundation mengubah pola fikir guru madrasah. Tampak dari video yang ditayangkan siswa senang dengan pembelajaran aktif karena proses belajarnya pun menyenangkan dan guru tampak menikmati perannya sebagai fasilitator pembelajaran, kinerja mengajar mereka semakin baik” ujar Misba.

Selain itu, siswi kelas IX SMPN 17 Tanjabtim, Putri Hawa, juga memberikan testimoninya setelah memperoleh pelajaran aktif yang dibawakan gurunya.

"Senang ya, semoga seperti itu lagi,” ujar Putri ketika ditemui seusai pembelajaran.

Testimoni Putri Hawa merupakan dampak positif kehadiran Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten di Tanjabtim yang diapresiasi oleh mitra pemangku kebijakan di daerah tersebut. (rvi)


Editor : Ansory S