Lonjakan Penumpang Kapal Roro Kualatungkal Tak Terbendung

Minggu, 05 Januari 2020 - 20:49:19


Arus Balik Pelabuhan Roro Kualatungkal.
Arus Balik Pelabuhan Roro Kualatungkal. /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Pasca berakhirnya libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, arus balik jalur perairan mengalami peningkatan singnifikan khususnya di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal pada Sabtu (4/1).

Sejumlah aparat kepolisian dari jajaran Polres Tanjab Barat, Polsek KSKP, Polairut, TNI AL, KSOP, Beacukai, SatPol PP dan Dishub juga telah siaga untuk mengamankan kepadatan arus balik di pelabuhan Roro tersebut.

Terkait dengan terjadinya peningkatan arus balik, Kapolsek Kawasan Pelabuhan, IPTU Agung Heru Wibowo dikonfirmasi membenarkan terjadi puncak arus balik masuk melalui pelabuhan roro tujuan Batam.

Meski demikian, lanjut Agung, pihaknya mengintensifkan pemeriksaan terhadap orang, barang dan kendaraan yang masuk bersama instansi terkait.

“Pemeriksaan terhadap orang, barang dan kendaraan yang masuk tetap kita lakukan dengan ketat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa mengancam stabilitas keamanan,” terang IPTU Agung, Minggu (5/2).

Agung menuturkan, lonjakan penumpang angkutan laut di pelabuhan roro kemarin terjadi dua tahap. Bahkan lonjakan Kuala Tungkal tujuan Batam ada 7 kendaraan mobil terpaksa harus ditunda keberangkatan karena tidak muat.

Tahap pertama kedatangan KMP. SATRIA PRATAMA dari Batam ke Kuala Tungkal sekitar pukul 08.00 WIB membawa 358 penumpang dan 19 unit kendaraan R4 dan R2.

Kedua keberangkatan KMP. Satria Pratama pukul 16.00 WIB dari Kuala Tungkal tujuan Batam dengan penumpang 156 Orang dan 46 unit kendaraan. Terdiri dari Roda dua sebanyak 6 Unit selebihnya roda empat.

Dengan lonjakan penumpang tersebut, Agung memastikan pihaknya bersama instansi terkait tetap memberikan layanan pengamanan, penertiban dan himbauan demi kenyaman, ketertiban, dan keselamatan para penumpang angkutan laut.

“Kita juga tetap melakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan penumpang, alhamdulilah semua aman dan lancar,” tutup Agung.(ken)

 

Editor  :   Ansory S