Rahima Dianugerahi Penghargaan Kampanye Makan Ikan oleh Menteri KP

Jumat, 13 Desember 2019 - 10:36:45


Hj Rahima Fachrori dianugerahi penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diserahlan oleh Menteri Kelautan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, di Jakarta Convention Centre (JCC), Jumat (13/12).
Hj Rahima Fachrori dianugerahi penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diserahlan oleh Menteri Kelautan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, di Jakarta Convention Centre (JCC), Jumat (13/12). /

RADARJAMBI.CO.ID-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) yang juga sebagai Ketua Forikan dan Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Provinsi Jambi, Hj Rahima Fachrori dianugerahi penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diserahlan oleh Menteri Kelautan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, di Jakarta Convention Centre (JCC), Jumat (13/12).

Penghargaan ini diberikan karena Rahima aktif mengkampanyekan makan ikan, yang juga sebagai bagian dari upaya mencegah stunting (pertumbuhan kerdil). Baik selaku Bunda PAUD maupun selaku Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Rahima mengkampanyekan dan mengajak masyarakat supaya gemar makan ikan karena nutrisi yang baik dikandung ikan, yang bermanfaat bagi pertumbuhan, terutama bagi anak-anak, baik kesehatan tubuh maupun kecerdasan otak.

Bersinergi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Rahima turut langsung mengedukasi anak-anak Jambi untuk mengkampanyekan gemar makan ikan dan mengajak masyarakar Provinsi Jambi supaya meningkatkan komsumsi ikan, seperti yang dilakukannya pada 21 November 2019 lalu di Aula DInas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, yakni Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting oleh PW Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia).

Rahima mengingatkan anak-anak PAUD supaya tidak menghindari makan ikan dan agar jangan malas makan ikan, sebaliknya agar suka makan ikan. Kepada orangtua anak-anak PAUD, Rahima berpesan supaya tidak bosan-bosannya menyuguhkan ikan kepada anak.

Dengan gerakan edukasi makan ikan kepada anak-anak PAUD, Rahima berharap anak-anak Provinsi Jambi menjadi anak-anak yang bertumbuh dengan baik, menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas, dan, agar jangan ada yang stunting (pertumbuhan kerdil) di Provinsi Jambi.

“Provinsi Jambi memiliki banyak ikan, jadi kita, terutama anak-anak harus rajin makan ikan karena manfaat ikan itu salah satunya untuk kecerdasan anak. Kita berharap anak-anak kita ini anak pintar, kita berusaha mengatasi stunting di Provinsi Jambi, diantaranya dengan gemar mengkonsumsi ikan. Untuk itu, kita terus mensosialisasikan manfaat ikan,” jelas Rahima.

Sementara dalam peringatan Hari Ikan Nasional Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019 pada 7 Desember 2019 yang lalu yang digelar di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, selaku Ketua Forikan Provinsi Jambi, Rahima menggemukakan supaya mengonsumsi ikan dibiasakan dari anak-anak hingga dewasa, serta tetap menjadikan ikan sebagai makanan yang disenangi. “Sejak usia dini kita upayakan beri asupan ikan,” kata Rahima.

Menurut Rahima, makan ikan menjadi sangat baik pada seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi masyarakat, dan penanggulangan stunting (pertumbuhan kerdil) harus menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat.

Menanggapi penghargaan yang diterimanya dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Rahima menyatakan, penghargaan tersebut bukan hanya bagi dirinya, tetapi juga bagi masyarakat Provinsi Jambi, serta mengapresiasi semua pihak yang bekerja keras untuk mengampanyekan gemar makan ikan  yang sekaligus untuk mencegah stunting.

Penghargaan yang dianugerahkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut, menurut Rahima menambah motivasi bagi dirinya dan semua pihak terkait, semua pemangku kepentingan, untuk lebih aktif lagi mengampanyekan gemar makan ikan, terutama bagi anak-anak, dan bersinergi menanggulangi stunting di Provinsi Jambi.(Humas Pemprov)