Gubernur: Lomba Perahu Tradisional Promosikan Kearifan Lokal

Senin, 09 Desember 2019 - 16:32:46


Pembukaan Lomba Perahu Tradisional Tahun 2019, yang berlangsung di Kawasan Danau Sipin - Jambi, Minggu (08/12/2019).
Pembukaan Lomba Perahu Tradisional Tahun 2019, yang berlangsung di Kawasan Danau Sipin - Jambi, Minggu (08/12/2019). /

RADARJAMBI.CO.ID-Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan, lomba perahu tradisional merupakan suatu wahana dalam mempromosikan sekaligus mengangkat kearifan lokal di Provinsi Jambi yang selaras dengan karakteristik dan ciri khas masyarakat Jambi. Hal tersebut disampaikan Fachrori saat membuka Lomba Perahu Tradisional Tahun 2019, yang berlangsung di Kawasan Danau Sipin - Jambi, Minggu (08/12/2019).

"Lomba perahu ini sangat positif sekali, khususnya dalam mempromosikan keanekaragaman budaya yang kita miliki. Saya mengharapkan kearifan lokal yang kita miliki lebih dikenal lagi dalam skala nasional bahkan secara global," ujar Fachrori.

Fachrori menerangkan, lomba perahu ini memiliki filosofi yang sangat bagus sekali dan memberikan pengajaran bagi semuanya, dimana dalam memperoleh kemenangan tidaklah mudah karena dibutuhkan usaha dan kerja keras secara bersama. Perlu kekuatan, kecepatan, kerjasama dan strategi yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

"Lomba ini mengajarkan kepada kita untuk siap berkompetisi dengan segala konsekuensinya, begitu halnya dalam kehidupan kita sehari hari. Semangat yang tinggi dan menjunjung tinggi sportifitas sangatlah penting, untuk itu saya berpesan kepada seluruh para peserta untuk berjuang dengan segala kemampuan yang ada dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas apapun hasilnya nanti," terang Fachrori.

Fachrori mengungkapkan, masyarakat tentunya merasa senang dengan adanya lomba ini, karena lomba ini akan menyuguhkan atraksi yang menarik bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kota Jambi. Mudah mudahan lomba ini nantinya bisa menjadi agenda tetap bagi Pemerintah Provinsi Jambi dalam mempromosikan keanekaragaman budaya dan wisata di Provinsi Jambi.

"Lomba ini tentunya menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kota Jambi, dimana masyarakat akan memanfaatkan akhir pekan dengan menyaksikan lomba perahu yang kita selenggarakan di Kawasan Danau Sipin ini. Saya juga mengharapkan dengan diselenggarakannya lomba ini, dapat lebih mempromosikan Kawasan Danau Sipin sebagai tempat wisata dan salah satu ikon wisata di Kota Jambi," ungkap Fachrori.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Drs.Wahyudin,M.Pd mengatakan, lomba perahu ini merupakan bagian dari rangkaian HUT Provinsi Jambi pada pada tanggal 06 Januari 2020 nanti dan bertujuan mencari bibit bibit berbakat untuk olahraga dayung nantinya.

"Lomba ini juga bertujuan untuk memberikan hiburan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kota Jambi, sekaligus mempromosikan Kawasan Danau Sipin ini sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Jambi," kata Wahyudin.

Lebih lanjut Wahyudin menambahkan, lomba ini terdiri dari lomba perahu tradisional yang diikuti oleh 9 regu dari klub dayung di Kota Jambi dan lomba perahu naga yang diikuti oleh 6 regu dari 4 Kabupaten/Kota yaitu, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(Humas Pemprov Jambi)