Ribuan Warga Hadiri Haul Syech Abdul Qodir Jailani

Minggu, 08 Desember 2019 - 22:32:06


Suasana Haul Syekh Abdul Qodir Al- Jailani.
Suasana Haul Syekh Abdul Qodir Al- Jailani. /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Acara peringatan Haul Syekh Abdul Qodir Al- Jailani, Syekh Mohammad Nawawi berjan, Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab dan Milad Majelis Ta'lim Al- Hidayah ke 40 serta Milad Pondok Pesantren Al- Baqiatush Sholihat ke 26 tahun 1441 Hijriah, di Pondok Pesantren Al- Baqiatush Shalihat, Minggu (08/12).

Yang telah menjadi wisata religi yang rutin dilaksanakan setiap tahun dihadiri ribuan warga baik dari dalam kabupaten Tanjabbar maupun dari daerah tetangga.

Bupati Safrial yang juga hadir mengatakan Peringatan Haul Para Syekh yang telah mendahului kita, sekaligus Milad Majelis Ta'lim Al Hidayah dan Pondok Pesantren Al- Baqiatush Shalihat yang kita laksanakan pada kesempatan ini mengandung nilai ibadah yang sangat bermakna di hati masyarakat.

"Yaitu disamping bertujuan untuk mendoakan keberkahan, serta memetik suri tauladan juga untuk mengenang jasa dan hasil perjuangan para syekh atau para alim ulama, yang telah berdakwah mengajarkan tuntunan syariat dan aqidah akhlak.

Sebagai pedoman atau bekal bagi umat islam dalam menghadapi kehidupan dunia maupun di akhirat kelak," ujarnya.

“Di Tanjab Barat ini didiami oleh multi etnis, suku, ras dan agama, kita mempunyai kampung Pancasila. Kita ingin memperkuat aqidah, makanya di Tanjab Barat di setiap Desa ada satu Da’i yang digaji oleh pemerintah Daerah.tetapi yang paling penting jelas aqidahnya bagi umat islam Lakum dinukum Waliyadin, Bagimu agamamu, bagiku agamaku,” tambahnya.

Menurut Safrial itu merupakan ayat terpenting yang mengandung prinsip kita sebagai umat Muslim. Yaitu tentang keteguhan kita dalam Aqidah untuk memegang dan mempercayai kebenaran agama Allah, Islam.

Selanjutnya Bupati berharap sekaligus mengajak para Jama'ah dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk menjadikan peringatan Haul dan Milad pada hari ini, sebagai momentum untuk meningkatkan amal ibadah serta memantapkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman dari diri.

"Agar kita dapat menebarkannya, dimulai dari lingkungan keluarga dan seterusnya bagi masyarakat luas, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para syekh atau para alim ulama," katanya.

Sementara itu Ketua umum Panitia Pelaksana kegiatan Haul Ustad H. Anwar Sadat dalam laporannya mengucapkan, terima kasih kepada seluruh panitia baik Pemerintah Daerah yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil.

''Sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan peringatan Haul sultahnul Aulia Syekh Abdul Qadir Al Jailani, Syekh Muhammad Nawawi berjan dan Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab, Milad Majelis Ta'lim Al Hidayah ke 40 dan Milad Pondok Pesantren Al - Baqiatush Shalihat Ke 26 Kuala Tungkal Jambi,'' ujarnya.

"Mudah-mudahan seluruh jerih payah panitia diberkahi dan diridhoi oleh Allah SWT, Mudah-mudahan tahun yang akan datang lebih kita tingkatkan lagi, '' sebut ustadz

Selanjutnya pengasuh Pondok Pesantren Al- Baqiatush Sholihat K.H. Abdul Hakim, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan, Haul Abdul Qodir Jailani mengingatkan untuk mengenang sekaligus meneladani kehidupan beliau yang banyak keteladanan dalam menyebarkan agama islam dan menjunjung tinggi nilai - nilai kemanusiaan dan keberadapan

"Ada jarak yang terbantang cukup jauh antara zaman yang kita hidup saat ini dan zaman tuan syekh abdul Qodir jailani. Namun jarak waktu yang jauh tidak menyurutkan kita merasa jauh dari peri kehidupan beliiau justru kita merasa dekat dengan mengamalkan peri kehidupan sufi beliau," ucapnya

Sementara Penceramah yang disampaikan Al Habib Muhammad Bin yahya Barabbah, dari Kota Solo menceritakan tentang pentingnya pola asuh dalam mendidik anak sejak dini di lingkungan keluarga, dan peran orang Tua dalam memberikan mental yang kuat dalam mendidik anak pada zaman sekarang.

Hadir juga pada acara Kepala Biro kesramas Setda Provinsi jambi, Bupati merangin Al;-Haris, Mantan Wakil Walikota Jambi Abdullah Sani, Sekda tanjab Barat H. Agus Sanusi, Anggota DPR-RI H. Bakri, Ketua Panitia pelaksana kegiatan H. Anwar Saadat, Tokoh Ulama, Tokoh agama, dan masyarakat Kabupaten Tanjab barat dan kabupaten tetangga.(ken)

 

Editor : Ansory S