Pemkab Sarolangun Wacanakan Penyegaran Jabatan Eselon III dan IV

Minggu, 01 Desember 2019 - 21:07:48


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun mewacanakan akan melakukan penyegaran jabatan pejabat eselon III dan IV.

Penyegaran tersebut dikabarkan akan dilaksanakan pada pertengahan Januari 2019, untuk mengisi kekosongan sejumlah jabatan yang ada di jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pasca pelantikan delapan jabatan eselon II, belum lama ini.

Sekretaris Daerah (Sekda), Ir Endang Abdul Naser saat dimintai keterangan, belum lama ini membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, kondisi saat ini memang adanya kekosongan sejumlah jabatan di eselon III. Sebab, pada waktu sebelumnya sejumlah pejabat yang mengisi posisi jabatan eselon III sudah dilantik, kini resmi menduduki posisi jabatan eselon II.

Selain itu, kekosongan jabatan eselon III juga terjadi, karena adanya sejumlah pejabat yang memasuki masa pensiun terhitung 31 Desember 2019.

“Adanya jabatan eselon III naik ke eselon II, tentunya terjadi kekosongan jabatan di eselon III, seterusnya mengisi kekosongan eselon III tersebut, maka terjadinynya rotasi dan promosi jabatan di eselon III dan IV. Persoalan rotasi dan promosi jabatan di birokrasi merupakan hal yang biasa.

Ditambahkan Sekda, terkait soal rotasi dan promosi jabatan eselon III dan IV, dalam hal ini tim Baperjakat segera berkoordinasi dengan pak Bupati Sarolangun, sehingga pelantikan akan terlaksana dengan prosedural, sebaliknya jalannya roda pemerintahan berjalan dengan optimal.

“Sebetulnya beberapa waktu yang lalu pak Bupati juga pernah mengarahkan, bahwa pelantikan pejabat sebaiknya dilaksanakan Januari 2020, sebab berkaitan dengan alokasi program 2020 dan menyangkut dengan pengguna anggaran di OPD. Secara rinci hal itu akan kami koordinasikan lagi dengan pak Bupati,”terangnya.

Disinggung kriteria pelantikan pejabat yang akan dilaksanakan, dijelaskan Endang tetap mengacu pada kinerja, disiplin, loyalitas, selanjutnya mensinkronisasikan terhadap dukungan program Subling.

“Yang jelas pejabat bakal dilantik akan diukur dengan hasil penilaian dan catatan dari Baperjakat,”ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Endang, sebelum dilaksanakan pelantikan eselon III dan IV, Pemkab Sarolangun akan melantik satu jabatan eselon II, yakni Kadishub yang terpilih dari hasil lelang. Saat ini proses lelang jabatan Kadishub sedang berjalan.

“Tujuan pelaksanaan pelantikan Kadishub terpilih dari lelang didahulukan dengan pelaksanaan pelantikan jabatan eselon III dan IV, supaya tidak ada lagi kekosongan dan pelantikan susulan eselon III, kemudian pelaksanaan pelantikan III dan IV pada Januari 2020 bisa terlaksna dengan matang,”tandasnya. (ciz)

 

Editor   :  Ansory S