Grand Final Walikota Jambi Sumatera Cup Prix 2019

Sabtu, 23 November 2019 - 12:36:47


Grand Final Walikota Jambi Sumatera Cup Prix 2019 di tugu keris siginjai
Grand Final Walikota Jambi Sumatera Cup Prix 2019 di tugu keris siginjai /

RADARJAMBI. CO. ID-Grand Final Walikota Jambi Sumetera Cup Prix (SCP) 2019 akan dihelat di sirkuit non permanen Tugu Keris Siginjai Kota Jambi. Ajang bergensi di Regional I Sumatera tersebut berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu (23-24) November 2019.

Disampaikan Syafruddin, ketua IMI Provinsi Jambi bahwa ratusan pembalap akan ambil bagian pada seri-5 grand final SCP tersebut. Tidak hanya dari Sumetera, para pembalap nasional dari Pulau Jawa akan turun dan bersaing disirkuit non permanen Tugu Keris tersebut.

“Ini seri terkahir SCP. Kita menjadi tuan rumah grand final, sebelumnya seri-4 di Sumatera Barat,” katanya, Kamis (21/11) lalu. 

Uddin mengatakan bahwa secara teknis persiapan sudah 90 persen. Para pembalap sudah mendaftarkan diri dan memastikan ikut pada event akbar kali ini. Sejauh ini sebut Dia, sudah 150 peserta yang mendaftar untuk lokal. Biasanya peserta membludak daftar saat H-1 kegiatan berlangsung.

“Kita antisipasi peserta yang membludak. Karena Kejurnas sebelum ini ada 750 lebih starter, Paddock kita tempatkan dalam kawasan parkir kantor walikota. Biasanya puncak pendaftaran terjadi Jumat malam. Itu sudah kita persiapkan,” katanya.

Para pembalap dari luar Jambi kata Uddin, saat ini sedang dalam pejalanan menuju Kota Jambi.

“Dari luar sumatera sudah bergerak sejak Rabu lalu, ada tiga tim. Kalau yang dari Sumatera sudah ada yang tiba di Kota Jambi,” imbuhnya.

Pada ajang ini kata Uddin, pihaknya juga menyelenggarakan 4 kelas untuk persiapan Poprov, Tidak hanya para racer pria nantinya yang akan menjajal sirkuit non permanen Tugu Keris Siginjai, para lady racer nantinya juga akan mengambil bagian pada kelas metic.

“Total ada 21 kelas nantinya, termasuk kelas Vespa, Lady racer dari Pulau Jawa juga banyak, Kita sebagai tuan rumah tentu akan menyiapakan pembalap terbaik kita,” ujarnya.

Ditambahkan Muchtar ketua pelaksana grand final Walikota Jambi Sumetera Cup Prix 2019. Pihaknya menyiapkan hadiah 4 unit sepeda motor untuk juara umum nanti.

“Sirkuit sudah siap. Tahun ini ada perpanjangan sirkuit, yakni menjadi 1.100 meter,” ujarnya.

Muchtar mengatakan bahwa selama dua hari SCP berlangsung ada beberpa ruas jalan di kawasan Tugu Keris Siginjai yang dialihkan, pihaknya memohon maaf untuk masyarakat yang menggunakan jalur tersebut.

 “Jalan Basuki Rahmat, Agus Salim dan Jalan Zainir Haviz akan kita alihkan. Kita reakayasa lalu lintas. Nanti ada petugas Dishub yang dilapangan, Kita mohon maaf kepada masyarakat yang menggunakan jalur tersebut karena terganggu selama dua hari,” terangnya.

Abu Bakar, Juru Bicara Pemerintah Kota Jambi menambahkan bhwa ada banyak multiplier efek dari kegiatan nasional tersebut. Tidak hanya mengembangkan sektor otomotif, namun juga merupakan wadah promosi wisata Kota Jambi.

“Kita ada Danau Sipin, Taman, dan tempat kuliner khas Jambi, Pengaruh besar tentunya terhadap peningkatan ekonomi di Kota Jambi terutama UKM yang ada disekitaran tugu keris,” kata Abu Bakar. 

Pada event grand final Walikota Jambi SCP di Kota Jambi ini kata Abu Bakar, juga ada hal yang berbeda. Sebelumnya umbrella girl mengenakan pakaian mini, kali ini mereka akan mengenakan pakaian adat Jambi dan dilengkapi tekuluk.

“Besok kita tidak melihat umbrella yang sexy. Ini juga bagian dari promosi budaya agar mereka yang datang ke kota Jambi dapat melihat kesan yang berbeda,”tandasnya. (ria)