Antisipasi Banjir, Pemprov Adakan Rapat Penanggulangan Terpadu

Selasa, 19 November 2019 - 15:30:25


Sekda Provinsi Jambi M Dianto
Sekda Provinsi Jambi M Dianto /

RADARJAMBI.CO.ID-Sekda Provinsi Jambi M Dianto menekankan bahwa semua stakeholder, semua pemangku kepentingan, harus benar-benar sinergis, harus bersatu padu dalam mengantisipasi dan menghadapi jika terjadi banjir.

Sekda menyampaikan, Provinsi Jambi setiap tahunnya mengalami 2 siklus musim, kemarau dan disusul musim hujan. “Ada musim kemarau kita mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan, pada musim hujan kita menghadapi bencana banjir," kata Sekda.Selasa (19/11/2019)

Sekda menjelaskan, secara umum jenis-jenis banjir digolongkan menjadi lima, yaitu, banjir kiriman atau luapan, banjir rob atau banjir pantai, banjir hujan ekstrim, banjir bandang dan banjir hulu.  Dari lima jenis banjir tersebut 4 diantaranya terjadi di Provinsi Jambi yaitu banjir kiriman, banjir hujan ekstrim, banjir bandang, dan banjir hulu.

Sesuai regulasi yang ada, terang Sekda, penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.  "Di lingkungan pemerintah, masing-masing stakeholder melakukan peran masing-masing dengan anggaran masing-masing pula, namun regulasi yang ada juga menetapkan bahwa fungsi koordinasi dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana tingkat Pusat dan Penanggulangan Bencana Daerah tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota,” ujar Sekda.

Sekda juga mengingatkan pada masing-masing OPD terkait, agar tetap siaga dan terus memantau perkembangan yang terjadi. “Apabila kita harus mengambil keputusan lebih jauh lagi, kiranya dapat kita laksanakan secara cepat dan tepat," ungkap Sekda.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah menyampaikan, kegiatan ini untuk antisipasi datangnya banjir tahunan d Provinsi Jambi. 

Maksud dan tujuan menyatukan pola pandang dan pola pikir persepsi menghadapi musim hujan, sehingga dapat menghadapi sedini mungkin dalam terjadinya bencana banjir. 

 

"Kita berharap dengan rapat teknis ini bisa meningkatkan keterpaduan dan sinergitas dalam upaya menghadapi bencana banjir, longsor, dan angin puting beliung di Provinsi Jambi pada Tahun 2019,"  ujar Bachyuni.(har)