Sekda Jambi Harap Pemkot Sungai Penuh Lebih Jeli Manfaatkan Peluang Pembiayaan

Kamis, 07 November 2019 - 14:55:13


Sekda  Hadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sungai Penuh dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Kota Sungai Penuh Tahun 2019.
Sekda Hadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sungai Penuh dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Kota Sungai Penuh Tahun 2019. /

RADARJAMBI.CO.ID-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si berharap agar Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh lebih jeli memanfaatkan berbagai peluang pembiayaan pembangunan, untuk meningkatkan kemajuan Sungai Penuh, ditengah keterbatasan APBD untuk membiayai pembangunan. Hal tersebut disampaikan Sekda pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sungai Penuh dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Kota Sungai Penuh Tahun 2019, yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Sungai Penuh, Kamis (7/11-2019).

Sekda menyampaikan, pembangunan pada prinsipnya adalah suatu proses perubahan dari kondisi sekarang menjadi kondisi yang lebih baik lagi pada masa mendatang, dan bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

“Jadi, pembangunan itu bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Pemerintah Provinsi Jambi bersama Pemerintah Kota Sungai Penuh dan dibantu oleh Pemerintah Pusat, telah berupaya melakukan banyak pembangunan di segala bidang, baik yang bersifat fisik maupun non fisik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sungai Penuh,” ujar Sekda.

“Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Sungai Penuh yang selama ini telah berupaya dan bekerja keras dalam membangun Kota Sungai Penuh menjadi lebih baik lagi kedepannya. Hasil dari proses pembangunan selama ini, masyarakat bisa merasakan bersama, Kota Sungai Penuh yang dalam usia relatif muda bisa sejajar dengan daerah lain,” lanjut Sekda.

Sekda mengungkapkan, sejalan dengan proses pembangunan, Pemerintah Kota Sungai Penuh harus bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini turut mengubah sifat dan pola pembangunan di negara-negara berkembang, serta harus terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendayagunakan sumber daya yang ada.

“Kita harus lebih jeli dalam memilih strategi untuk memanfaatkan berbagai peluang investasi, pembiayaan pembangunan melalui mekanisme hubungan kerjasama atau kesepakatan bersama institusi pemerintahan, maupun lembaga usaha dan dunia usaha,” ungkap Sekda.

“Kita harus memikirkan optimalisasi nilai tambah dari berbagai sumber daya alam dan memperbaiki pengelolaan ekosistemnya dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Untuk pengelolaan pariwisata, harus kita sikapi bersama secara arif dan bijaksana, mengingat pengembangan sektor pariwisata membutuhkan kerjasama dan kebersamaan dari semua pihak,” tambah Sekda.

Lebih lanjut, Sekda mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya mendukung berbagai kebijakan pembangunan Kota Sungai Penuh, tentunya dengan koordinasi yang baik dan sinergitas bersama Pemerintah Kota Sungai Penuh serta peran dari seluruh masyarakat agar bisa berjalan secara optimal dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Walikota Sungai Penuh, Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA menuturkan, HUT tahun ini lebih istimewa dari tahun sebelumnya, karena Kota Sungai Penuh telah memiliki anggota DPRD baru untuk periode 2019-2024, dan berharap DPRD yang baru, bisa meningkatkan sinergitas dan kebersamaan antara eksekutif dan legislatif dalam melaksanakan percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Sungai Penuh.

“HUT Kota Sungai Penuh tahun ini mengambil tema Tingkatkan Inovasi dan Kreasi serta Kokohkan Rasa Kebersamaan dalam Mewujudkan Kota Sungai Penuh CERDAS 2021, sebuah tema yang sengaja kita angkat untuk menjadi penyemangat bagi pemerintah dan masyarakat Sungai Penuh agar tetap konsisten bergerak kearah yang lebih baik lagi kedepannya,” tutur Asafri.

“Satu hal yang cukup menggembirakan serta menjadi tantangan adalah pada tahun ini, Kota Sungai Penuh kembali memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-6 kalinya dari BPK. Ini menandakan bahwa seluruh jajaran birokrasi pada setiap tingkatan telah secara aktif meningkatkan kinerja dan kemampuan dalam melakukan pengelolaan keuangan,” tambah Asafri.

Pemerintah Kota Sungai Penuh mengadakan beberapa rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT ke-11 Kota Sungai, diantaranya adalah Pekan Harmoni Budaya, Sungai Penuh Expo dan Festival Kenduri Sko, serta menjadi salah satu tuan rumah pada ajang balap sepeda bergengsi yaitu Tour De Singkarak untuk etape ke-8 Tahun 2019 yang akan berlangsung pada hari Sabtu, 9 November 2019, start di Lapangan Merdeka Sungai Penuh.(Humas Pemprov Jambi)