Wah...! Belasan Penderita HIV/AIDS Ditemukan di Tanjabbar

Rabu, 06 November 2019 - 19:22:41


Pemeriksaan kesehatan pada warga binaan Laps Kualatungkal
Pemeriksaan kesehatan pada warga binaan Laps Kualatungkal /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT- Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat gencar melaksanakan kegiatan VCT (Voluntary Counselling and Testing) atau bisa diartikan sebagai Konseling dan Tes HIV Sukarela (KTS).

Hasilnya dari triwulan I hingga triwulan IV tahun 2019, Dinkes menemukan sebanyak 13 orang positif menderita HIV/AIDS.

Yundri, Penanggungjawab HIV/AIDS menuturkan, kegiatan VCT Mobile dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun sebagai upaya meminimalisir penyebaran HIV/AIDS.

“Kegiatan VCT ini kita lakukan dengan mendatangi Lapas Kelas II B, Cafe-Cafe yang beroperasi di wilayah Tanjab Barat,” beber Yundri, Selasa (05/11/19).

Yundri juga membeberkan hasil Screening Faktor HIV/AIDS yang sudah dilakukan pemeriksaan hingga Oktober 2019.

Untuk Tes HIV atas Inisiasi Petugas Kesehatan dan Konseling (TIPK) di Tanjab Barat yang sudah menjalani pemeriksaan bagi ibu hamil ada 916 orang, warga binaan lapas 169 orang, LSL 5 orang, Waria 3 orang, PSK 24 orang dan lainnya pasien Infeksi Menular Seksual (IMS) sebanyak 552 orang.

“Ditahun 2019 ini dari triwulan I hingga triwulan IV ditemukan ada 13 orang positif HIV/AIDS. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2018 yang jumlahnya 8 orang penderita,” kata Yundri.

Disinggung warga mana saja yang tertular Virus HIV ini, Yundri membeberkan jika sebagian dari Penderita merupakan warga Tanjab Barat.

“Ada warga Tanjab Barat tapi kebanyakan dari penderita, merupakan warga pendatang,” tandasnya. (ken)

 

Editor : Ansory S