Gubernur Jambi Buka Festival Kerinci

Selasa, 05 November 2019 - 17:27:42


Pembukaan Festival Danau Kerinci
Pembukaan Festival Danau Kerinci /

radarjambi.co.id-KERINCI-Minggu (03/11), Bertempat di Dermaga Danau Kerinci, Gubernur Jambi diwakili Sekda Provinsi Jambi, M. Duanto, membuka Festival Kerinci tahun 2019.  

Acara yang dipisatkan di Dermaga Danau Kerinci, dihadiri langsung oleh Kemenpora, Joni Mardizal, Anggota DPR RI H Bakri, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan S.I.P., M.Hum, Kapolda, Kajati, Danrem, seluruh Bupati dan Wali Kota se Provinsi Jambi, seluruh Ketua DPRD se Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci, seluruh OPD Kabupaten Kerinci, Camat, Kades, undangan dan ribuan masyarakat.

Festival yang diselenggarakan dimulai tanggal 03 sampai 07 Oktober, dibagi menjadi Dua Zona, yakni zona 1 di Danau Kerinci dan Zona II di PTP VI Kayu Aro.
Disamping itu, untuk memeriahkan agenda, berbagai atraksi kesenian dan kebudayaan ditampilkan.

Bupati Kerinci, Adirozal, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkesempatan hadir pada pembukaan Festival Kerinci 2019.

Adirozal menyebutkan, Festival Kerinci masuk dalam 100 event di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang dilaksanakan setiap tahunnya. "Festival Kerinci merupakan ajang promosi pariwisata yang dimiliki Kerinci ke dunia," kata Adirozal.

Dengan adanya Festival ini, kata Adirozal, juga diharapkan ekonomi masyarakat Kerinci berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan dengan adanya event ini bisa memajukan ekonomi masyarakat yang baru, biar masyarakat Kerinci tidak bergantung lagi dengan hasil pertanian," ujarnya.

Selain membantu ekonomi masyarakat, Bupati Kerinci dua periode itu menyampaikan, ajang Festival Kerinci ini juga bisa mendatangkam investor untuk menanamkan investasi di Kabupaten Kerinci seperti membangun hotel atau penginapan di Kerinci.

"Selama penyelenggaraan Festival Kerinci ini, jumlah kunjungan wisatawan di Kerinci meningkat sampai saat ini sudah mencapai 200 ribu yang mengunjungi Kerinci lebih," pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Jambi Fachrori Umar yang diwakili Sekda Provinsi Jambi M Dianto, dalam sambutanya menyebutkan Festival Kerinci ini bisa membantu mengembangkan paradigma baru untuk menumbuhkan SDA yang baru dan mengembangkan ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Kerinci.

"Kita bisa untuk mengembangkan  ekonomi kreatif dan pariwisata, jangan  kalah dengan daerah lain," ungkap M Dianto.

M Dianto juga mengimbau, kepada kepala daerah lainnya untuk membantu memeriahkan Tour de Singkarak yang akan melintasi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh pada 8-9 November 2019. 

"TdS ini pertama kali melintasi Provinsi Jambi, Kita minta dukungan penuh dari masyarakat Kerinci dan Kota Sungaipenuh, agar penyelenggaraan balap sepeda internasional ini berjalan aman dan sukses," ucapnya.

Setelah membacakan sambutan Gubernur Jambi Fachrori Umar, Sekda Provinsi Jambi langsung membuka Festival Kerinci dengan ditandai pemukulan beduk.

Pada kesempatan yang sama, diserahkan sejumlah hadiah kepada pemenang Kerinci Mountain Bike tahun 2019 yang diselenggarakan pada Sabtu (02/11) kemarin.(son)

 

Editor  :   Ansory S