Puluhan Menwa Sultan Thaha Jambi Ikuti Diklatsar di Tanjab Barat

Senin, 04 November 2019 - 22:27:29


Wakil Bupati Amir Sakib, diwawancarai usai acara pembukaan.
Wakil Bupati Amir Sakib, diwawancarai usai acara pembukaan. /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Sebanyak 91 orang anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Sultan Thaha se-Provinsi Jambi mengikuti pendidikan latihan dasar (Diklatsar) Resimen Mahasiswa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Untuk membentuk pemuda yang tangguh, patriot dan cinta tanah air, puluhan anggota Menwa Sultan Thaha Jambi ini mengikuti Diksar Menwa di Tanjab Barat selama 10 haru yakni dari hari Senin (4/11) hingga hari Rabu (13/11) mendatang.

Wakil Bupati Tanjab Barat, Drs H Amir menyebutkan pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) Resimen Mahasiswa (Menwa) untuk membentuk pemuda yang tangguh, dan jiwa patriotisme.

Dia mengatakan, dengan pelaksanaan Diksar Menwa dapat menumbuhkan jiwa patriot bagi pemuda Indonesia, khususnya Tanjab Barat maupun Provinsi Jambi.

"Dengan pelatihan ini dapat mengembangkan semangat jiwa patriotisme bagi pemuda dalam rangka membela negara. Sebab setiap warga negara berkewajiban dalam membela negara dalam segala hal," ujar Wabup.

Menurut alumni menwa tahun 1984 itu, menjadi anggota Menwa tidak mudah. Meskipun demikian, Menwa harus hidup di tengah tengah masyarakat, sehingga diharapkan semangat dalam berdinamika.

"Mereka diharapkan siap menghadapi tantangan kedepan yang cukup berat di industri era 4.0. Dituntut bersikap kritis, transparan, dan berjiwa patriot," tegas wabup.

Selaku Inspektur Upacara, Letkol Inf M Arry Yudistira SIp MIPol, Dandim Kodim 0419/Tanjab menyampaikan kegiatan Diksar Menwa yang dilaksanakan sejalan dengan program Danrem 042/Gapu dalam membentuk karakter dalam bela negara.

Menurutnya, Menwa merupakan kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan pertahanan dan keamanan rakyat.

Selama 10 hari kedepan, menurut Dandim akan diisi pembinaan fisik dan mental, dasar dasar pemerintahan, monthering, kewaspadaan nasional, bela diri militer, halang rintang, survival dan lainnya.

"Kegiatan (Diksar) sebagai wahana yang sangat baik guna meningkatkan rasa nasionalisme, sikap hormat menghormati, dan terciptanya generasi muda yang tangguh, mandiri, dan pekerja keras. Sehingga dapat meningkatkan rasa nasionalisme, bela negara, cinta tanah air, serta rasa persatuan dan kesatuan yang merupakan nilai luhur bangsa Indonesia," katanya.

Sementara itu selepas upacara, M Deni, Kepala Staf Komando Nasional (Kaskonas) Menwa Indonesia menyambut baik pelaksanaan Diksar Menwa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sebab dengan Diksar ini pula sebagai salah satu upaya menumbuhkan jiwa patriotisme di kalangan pemuda yang mulai memudar.

"Ini merupakan perwujudan dari UUD pasal 30 tentang hak dan kewajiban warga negara dalam bela negara. Ini penting sekali dilaksanakan jaman sekarang dikarenakan adanya kemerosotan patriotisme dikalangan pemuda," katanya.

Sehingga diharapkan kader kader Menwa yang mengikuti Diksar dapat melakukan pengabdian ditengah masyarakat

Turut hadir dalam acara tersebut Kaskonas Menwa RI, Danmen Sultah Thaha Hidayat Komandan IARMI Tanjab Barat Jamal Darmawan Sie, Wakapolres Tanjabbarat Kompol Wirmanto, Para Opd, Asisten, Staf Ahli, para alumni menwa, Mantan Danmenwa Sulthan thaha jambi, Perwakilan alumni menwa dari luar daerah, serta undangan lainya. (ken)

 

 

Editor  :    Ansory S