Peringati Hari Sumpah Pemuda, SMP Negeri 16 Kerinci Gelar Upacara Pengibaran Bendera

Senin, 28 Oktober 2019 - 10:40:56


Pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di SMP Negeri 16 Kabupaten Kerinci
Pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di SMP Negeri 16 Kabupaten Kerinci /

radarjambi.co.id-Kerinci-Peringati hari sumpah pemuda, Senin (28/10) pagi, SMP Negeri 16 Kabupaten Kerinci gelar upacara pengibaran bendera. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Sekolah SMP Negeri 16 Kabupaten Kerinci, Agusman, S.Pd.

Dalam sambutannya, Agusman, S.Pd menyampaikan, hari sumpah pemuda ke-91 tahun 2019 mengangkat satu tema 'Bersatu Kita Maju'. Tema itu kata dia, diambil kembali untuk melekatkan komitmen yang telah dibangun dalam ikrar sumpah pemuda pada tahun 1928.

Bahwa lanjut Agusman, S.Pd, hanya dengan kesatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Agusman, S.Pd menjelaskan, perkembangan teknologi informasi saat ini ibarat dua mata pisau. Satu sisi, memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan generasi muda meningkat kapasitas sumber daya manusia dan daya saing.

Namun di sisi lain, perkembangan itu memiliki dampak negatif terkait informasi yang bersifat merusak. Mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas dan radikalisme.

Dengan begitu, ia berharap melalui momen sumpah pemuda, diharapkan generasi memiliki iman dan takwa serta berintegritas tinggi.

Mhd. Yusuf, S.Pd.I selaku pengarah acara mengatakan, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini mengundang para pemuda-pemudi di sekitar sekolah. Hal ini dalam upaya menjalin silaturahmi serta meningkatkan kerjasama dengan para pemuda untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang pendidikan.

"Pemuda-pemudi di lingkungan sekolah, khususnya Lima Desa Kedepatian Semerap kita turut hadirkan dalam upacara kali ini," ungkap Mhd. Yusuf, S.Pd.I.

Sebagaimana diketahui bahwa, para siswa-siswi SMP Negeri 16 Kabupaten Kerinci mayoritas merupakan warga Lima Desa Kedepatian Semerap.

Usai upacara, ditemui salah seorang Pemuda yang hadir dalam upacara tersebut, Alung Saputra, mengakui dengan turut hadirnya para pemuda pastinya akan memperkuat sinergitas dan meningkatkan motivasi para siswa untuk lebih positif dalam bertindak dan menjauhi kegiatan-kegiatan negatif.

"Memang pemuda harus berfikir positif. Berkreasi untuk bangsa khususnya bagi Lima Desa Kedepatian Semerap," kata Alung.

Lanjut Alung, kegiatan pemuda Lima Desa Kedepatian Semerap tidak hanya seremonial upacara saja, namun akuinya pemuda juga melaksanakan berbagai macam lomba untuk anak-anak yang dilaksanakan di Balai Senayan Kedepatian Semerap.

 

Penulis: Hilman Yusra

Penulis: Hilman Yusra