BKSDA Gadungan Nyaris Ambil Buaya Yang Ditangkap Jasmawi

Senin, 28 Oktober 2019 - 09:32:48


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Buaya Muara yang berhasil masuk jerat Jasmawi, warga RT 5 Desa Malapari, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari, nyaris diambil petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi gadungan.

"Tanggal 24 Oktober pagi ada orang yang megaku anggota BKSDA Jambi mau ambil buaya. Aku telpon orang kantor Dinas BKSDA di Bulian, katanya bukan, hampir saja buaya tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak bertangungjawab," kata Jasmawi Minggu (27/10).

Kehadiran BKSDA Jambi gadungan diterima istri Jasmawi. Sebab di waktu bersamaan dia lagi bekerja. Menurut keterangan istri Jasmawi, petugas BKSDA gadungan berjumlah lima orang.

"Istri aku telpon, aku bilang kasih saja asal dia bisa menjukan edintitas mereka. Tapi mereka tidak bersedia memperlihatkan identitas resmi BKSDA," ucapnya.

Setelah berbincang sebentar dengan istri Jasmawi, petugas BKSDA gadungan langsung keluar rumah. Mereka kemudian secara bersama mengeluarkan Buaya dari dalam kolam yang berada di samping rumah Jasmawi.

"Buaya dalam kolam mereka keluarkan, lalu mereka ikan muncung Buaya dengan tali nilon warna oranye," kata Jasmawi.

Merasa aneh dengan keterangan istri melalui telepon, Jasmawi bergegas pulang dari lokasi kerja. Dalam perjalanan, Jasmawi menghubungi Ketua RT agar dapat menahan kepergian petugas BKSDA gadungan hingga dirinya tiba.

Setibanya di rumah, Jasmawi beruntung masih bisa bertemu dengan petugas BKSDA Provinsi Jambi gadungan. Buaya Muara sudah berada dalam mobil yang mereka kendarai.

"Aku tahan, aku minta identitasnya tapi mereka tidak bersedia. Aku tantang empat orang. Aku buat berita acara, jika empat orang itu mampu melawan aku, silahkan bawak Buaya itu," ujar Jasmawi.

Jasmawi kemudian mengepal lima jari tangan kanan lalu memukul helm motor dan langsung jebol. Melihat kejadian itu, petugas BKSDA gadungan langsung meminta maaf dengan Jasmawi dan bergegas pergi.

"Mereka mengira aku orang yang lemah dan tolol. Kejadian ini sudah aku laporkan kepada Babinkamtibmas. Kita tidak menahan ini buaya jika BKSDA yang betul-betul. Silahkan ambil, asal jagan binatang ini jatuh ke tangan orang-orang yang tidak bertangungjawab," ujarnya.(hmi)

 

 

Editor    ;   Ansory S