Panglima TNI: Saya Nyatakan Keamanan Pelantikan Presiden Terjaga

Minggu, 20 Oktober 2019 - 14:13:16


Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memeriksa pasukan seusai apel pasukan TNI-Polri untuk pengamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Silang Monas.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memeriksa pasukan seusai apel pasukan TNI-Polri untuk pengamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Silang Monas. /

RADARJAMBI.CO.ID-Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama dengan Kapolri Jendral Tito Karnavian melakukan peninjauan ke sejumlah objek vital di Jakarta. 

Hadi menyampaikan, kondisi Ibu Kota kondusif. "Saya nyatakan semua berjalan lancar dan keamanan terjaga," tutur Hadi di Gedung Graha Jala Puspita TNI AL, Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2019).

Menurut Hadi, dia telah memantau sejumlah titik. Khususnya di Gedung DPR/MPR, Jakarta Selatan dan daerah Pejompongan, Jakarta Pusat. 

"SOP semua saya cek, semua (personel TNI Polri) bisa menjawab. Apabila terjadi penonjolan di tempat-tempat lain, mereka siaga monitor. Semua sudah siap. Termasuk koordinasi TNI-Polri dan stakeholder lainnya," jelas dia.

Pantauan langit Jakarta pun tidak diabaikan. Hadi mengatakan, TNI AU mengerahkan sejumlah helikopter dan pesawat boeing untuk bolak-balik meninjau demi laporan terkini.

"Semua dilaporkan ke posko utama di Merdeka Barat. Dengan demikian pemantauan bisa diterima informasinya semua secara langsung dan dari posko dapat mengeluarkan tindakan yang tepat," Hadi menandaskan.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden dilakukan di Gedung MPR Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ma'ruf Cahyono mengatakan rangkaian acara pelantikan yang digelar dalam sidang paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta itu dimulai pukul 14.30 WIB. "Rundown yang terakhir dimulai pukul 14.30 ya," kata Ma’ruf di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.

Pada rundown sidang paripurna MPR pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang diterima, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pada pukul 14.30 WIB. Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo akan memimpin ritual mengheningkan cipta dan setelahnya langsung membuka sidang paripurna MPR.

Acara dilanjutkan pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR. Kemudian pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden serta penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.