HMP Tadris Biologi UIN STS Jambi adakan Olimpiade Biologi

Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:19:48


Foto pemenang olimpiade ke-10 2019 bersama panitia.
Foto pemenang olimpiade ke-10 2019 bersama panitia. /

radarjambi.co.id-JAMBI-Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Tadris Biologi Universitas Islam Negeri STS Jambi, mengadakan Kemilau Biologi (Olimpiade Biologi) tingkat SMA/MA sederajat se-provinsi Jambi dan sekitarnya.

Lomba dilaksanakan Selasa-Rabu (15-16 oktober 2019) dengan tema "Mencetak biologi milenial yang kritis, kreatif dan inovatif serta memiliki jiwa pancasila"
Kegiatan olimpiade ini di support oleh pihak insternal dan eksternal kampus.

Pihak internal yaitu keluar besar UIN STS JAMBI dan pihak eksternal yaitu pihak sponsorship (SKK Migas, Petro China, Pertamina dan rumah makan pagi sore) dan media partner Harian Jambi Star dan radarjambi.co.id).

Pada kegiatan terdapat 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final.

Selasa di mulai babak penyisihan pertama dengan mengerjakan soal pilihan ganda dan di ambil 30 peserta untuk mengikuti babak penyisihan kedua dengan mengisi soal uraian.

''Dari soal uraian di sebut di ambil 10 peserta untuk mengikuti babak semifinal praktikum mandiri yang dilaksanaka pada Rabu. Dan dari 10 peserta tersebut di ambil 5 peserta untuk mengikuti babak final tanya jawab. Dan yang tidak lulus pada babak penyisihan pertama akan mengikuti ice breaking dan akan di ambil 1 pemenang,'' tutur panitia pelaksana Olimpiade Nurhayati.

Jumlah peserta dalam olimpiade berjumlah 105 peserta dari 17 sekolah berasal dari 5 kabupaten yang ada di provinsi Jambi dan 1 sekolah dari kabupaten Musi Banyuasin provinsi Sumatera Selatan.

Yessi andriani (ketua HMP-T.BIO) mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh himpunan mahasiswa prodi tadris biologi fakumtas tarbiyah dan keguruan uin sts Jambi, dan pada saat ini merupakan tahun ke 10.

Pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya panitia mengadakan Panduan pembuatan jurnal untuk guru pendamping dengan pemateri bapak Aris dwi nugroho, S. Pd. T. M. Pd. T. Mshs.

Olimpiade kali ini di nilai oleh 7 ornag juri antara lain, Bayu kurniawan, M.Sc, Suraida, M.Si, Veri Anggriawan, M.Pd, Riza Amriyanto, M.Pd, Reny Safita, S.Pt., M.Pd
, Dwi Gusfarenie, M.Pd dan Surya Ningsih, S.Si.,M.Si

Keluar sebagai pemenang yaitu, 1. Juara 1: Galen Chandrawira (SMA Xaverius 1)
Juara II : William Franz B ( SMAS Unggul Sakti) Juara III : M.Farhan Maulana (MAN Insan Cendikia Jambi)Juara Harapan 1 : Dwi cahyaningsih (MAN 2 Kota Jambi)

Harapan II. : Siti Rokhimah (SMAN 8 Kota Jambi), Juara ice Breaking. : Adinda Rizky Yudha P. ( MAN Insan Cendikia Jambi). (rvi)


Editor : Ansory S