Beasiswa KJC Segera Cair

Kamis, 19 September 2019 - 19:12:42


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Beberapa siswa yang bersekolah di swasta Kota Jambi bakal menerima Biaya pendidikan gratis.

Saat ini Peraturan Walikota mengenai program tersebut sudah di tandatangani. Saat ini tengah proses administrasi untuk pencairan dana.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Arman mengatakan bahwa ada beberapa sekolah-sekolah swasta yang bakal dikontrak khusus melalui dana dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD).

Dana itu langsung diberikan kepada siswa yang bersangkutan, yang sebelumnya telah lulus verifikasi.

“Dananya tidak lewat sekolah, tapi langsung kepada siswa. Itu kita tindaklanjuti atas saran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
,'' kata Arman.

Saat ini para siswa telah membuat rekening untuk pencairan dana tersebut. Sebanyak 2.700 siswa yang tidak mampu dan bersekolah di sekolah swasta akan menerima bantuan tersebut.

“Kita sebutnya program Kartu Jambi Cerdas (KJC). Kalau jumlah sekolahnya saya kurang ingat, tapi sudah puluhan,” katanya.

Dia menyebutkan, total besaran bantuan yang diterima untuk siswa Sekolah Dasar (SD) sebesar Rp75 ribu, SMP Rp100 ribu.

“Total anggaran untuk 2.700 siswa adalah Rp4,3 miliar,” ujarnya.

Untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), baru di Yayasan Pertiwi. Sebab, pemerintah tidak bias lagi menganggarkan untuk jenjang SMA, sebab statusnya kini telah menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Jambi.

“Pak wali maunya sampai SMA, tapi kan kewenangannya beralih ke provinsi, terkecuali Yayasan Pertiwi, karena itu milik Pemkot Jambi,” katanya.

Diharapkan masyarakat termotivasi untuk bisa meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi.selain itu dapat membantu mengurangi angka putus sekolah di Kota Jambi.

“Jadi tidak ada lagi anak yang tidak bersekolah karena alasan biaya,” pungkasnya. (ria)

 

 

Editor : Ansory S