Bisa Tangkap Pelaku Kahutla, Syahirsah Berikan Hadiah

Selasa, 17 September 2019 - 21:42:10


Sahirsyah akan beri hadiah pengkapan pelaku Karhutla .
Sahirsyah akan beri hadiah pengkapan pelaku Karhutla . /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy, membuat sayembara kepada yang bisa menangkap pelaku Kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla). Bagi siapa saja yang bisa menangkap akan diberikan hadiah ataupun bonus.

"Kalau ASN maka akan mendapatkan jabatan, kalau dia PTT maka kontrak kerja akan di perpanjang. Dan kalau masyarakat biasa maka anaknya akan di berikan beasiswa selama sekolah," kata Syahirsah, ditemui wartawan Selasa (17/9).

Selain memberikan bonus jabatan, kontrak kerja dan Beasiswa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari telah memikirkan memberikan hadiah berupa uang melalui APBD. Hanya saja, soal pemberian uang masih dalam tahap koordinasi.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak keuangan, total dana (yang siapkan) berkisar ratusan juta rupiah. Dan dana ini bersumber APBD Kabupaten Batanghari. Sementara untuk besaran yang akan diberikan masih dalam pembahasan," ungkapnya.

Syahirsah berharap, sayembara bisa meningkatkan partisipasi warga dalam mencegah karhutla khususnya diwilayah Kabupaten Batanghari.

Menurut dia, pelaku Kahutla ini harus bisa ditangkap, agar tidak ada lagi yang melakukan pembakaran.

Bupati juga turut memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan membakar karena kondisi Batanghari yang sudah diselimuti kabut asap dan udara sudah masuk kategori tidak sehat.

Untuk diketahui, kualitas udara akibat kahutla semakin parah saja. Bahkan, Pemkab Batanghari melelui Dinkes telah memperpanjang libur sekolah. Selain itu, Pemkab Batanghari juga telah memberikan pengobatan secara gratis bagi warga yang terkena dampak Kahutla. (hmi)

 

Editor   ;   Ansory S