Udara Tidak Sehat Dewan Desak Dinkes Bertindak

Kamis, 05 September 2019 - 09:49:26


Jamal Darmawan
Jamal Darmawan /

radarjambi.co id-TANJABARAT - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendesak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanjabbar segera mengambil tindakan terkait udara yang tidak sehat karena kabut asap yang mengganggu aktifitas warga terutama anak-anak.

Hal ini diungkapkan politisi partai Demokrat, Jamal Darmawan, menurutnya Dinkes harus jemput bola, jangan sampai menunggu masyarakat yang meminta ke puskesmas tapi perlu tindakan nyata dari Dinkes.

"Seharusnya Dinkes ecara langsung membagikan masker kepada pengguna jalan serta menyurati Disdikbud untuk meliburkan anak didik agar tidak terserang Ispa bagi anak didik, karena udara semakin berbahaya," tegasnya.

Jamal menjelaskan jika Kabupaten Tanjabbar bukan hanya di Kuala Tungkal saja dan ada 13 Kecamatan yang juga harus dipantau kualitas udaranya.

Diinformasikan sebelumnya, kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Tanjung Jabung Barat sejak beberapa hari terakhir, membuat kualitas udara masuk dalam kategori tidak sehat.

Dari hasil pengukuran Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan Tanjab Barat, angka ISPU mencapai 129 Partikel Per Million (PPM) atau tidak sehat.

Kepala Dinkes Tanjab Barat dr. Hj. Andi Pada melalui Kasi Kesmas, Rusdi saat dikonfirmasi mengatakan jika Indeks Standar Pencemar Udara di Kota Kuala Tungkal mengalami peningkatan drastis.

“Pengukuran ISPU yang kita lakukan menggunakan alat Staplex type TFAGF41 senin lalu masih diangka 82 PPM.

Sementara hari Rabu kita lakukan pengukuran kembali dan didapati angka ISPU nya 129 PPM. Dan angka tersebut masuk dalam kategori tidak sehat,” sebut Rusdi, Rabu (4/9).

Untuk pengukuran sebut Rusdi sesuai dengan standar dilakukan selama setengah jam.

Sehubungan dengan hal itu sebut Rusdi, pihak Dinkes menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas diluar rumah.

“Kita menganjurkan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak perlu,” sebut Rusdi.

Rusdi juga mengatakan, hari ini Kamis (5/9), untuk menindaklanjuti kurang baiknya kualitas udara pihak Dinas Kesehatan Tanjab Barat akan membagikan masker di tiga titik dalam kota Kuala Tungkal.

“Kita mempersiapkan anggota untuk melakukan pembagian masker di tiga titik dalam kota tungkal yakni di Simpang Patunas SMA 1, di simpang BNI dan Simpang RSUD,” bebernya.

Melihat kondisi udara yang kurang sehat sambung Rusdi, pihak Dinkes menganjurkan bagi siswa atau pelajar untuk tidak melakukan aktivitas olah raga diluar ruangan, sampai kualitas udara kembali normal hingga kategori sehat.

Rusdi juga mengatakn melihat kondisi kurang baiknya kualitas udara, pihak Dinas Kesehatan Tanjab Barat sudah melakukan pembagian masker sejak bulan lalu di setiap Puskesma se Tanjab Barat.

“Apabila masyarakat memerlukan masker bisa mendapatkannya di Puskesmas terdekat secara gratis,” pungkasnya. (ken)

Editor. :  Ansory S