Pemkot Gelar Solat Minta Hujan

Rabu, 21 Agustus 2019 - 10:41:18


Pemkot melaksanakan sholat istiqoh
Pemkot melaksanakan sholat istiqoh /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Musim kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan kekeringan disungai serta kebakaran rumah warga yang ada di Kota Jambi dan sejumlah lahan serta hutan di wilayah Kabupaten Yang ada di provinsi Jambi sehingga menyebabkan Kabut asap di Kota Jambi,  Oleh sebab itu Pemerintah Kota Jambi melaksanakan Shalat Istiqa, Di lapangan Kantor Walikota Jambi, Rabu pagi (21/8).

 Shalat Istisqa ini dimulai pukul 07.30 WIB,  bertindak sebagai Imam Al-Ustadz H.Muhammad Sulhi H.Muhammad Daud, Lc., MA dan bertindak sebagai khatib Al-Ustadz Muhammad Amin, M.Kes, diikuti oleh Walikota Jambi Syarif Fasha bersama jajarannya,  seluruh unsur Forkompinda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta ribuan Masyarakat Kota Jambi, Sholat ini bertujuan untuk memintak diturunkannya hujan.

Dalam sambutannya Walikota Fasha menyampaikan bahwa dengan niat yang tulus ikhlas kita beramai-ramai mendatangi Kantor walikota untuk sama-sama memenuhi undangan melaksanakan shalat istiqa memohon hujan kepada Allah SWT. 

 "Jika ditanya mengapa harus melaksanakan shalat istiqa, Shalat istiqa merupakan sunah Rasullullah SAW.  Dan juga dilakukan oleh para sahabat sepeninggal beliau ketika semua makhluk di bumi mengalami kekeringan karena hujan tak kunjung tiba, sumur-sumur kering tak ada air, air sungai jauh berkurang debitnya, rerumputanpun menguning kecoklatan, dan akhirnya mati, pohon-pohon renggas, hewan-hewan kekurangan air, dan manusiapun mengalami bencana yang serius,"kata Fasha.

"Maka saat itulah dilaksanakan shalat istiqa shalat memintak rahmat dari Allah SWT, agar berkenan menurunkan hujan yang  penuh berkah, hujan yang memberikan kehidupan sesuai firmannya Semua Kehidupan bersumber dari air," lanjut Fasha.

Fasha juga mengajak  mengajak masyarakat agar ibadah shalat istiqa yang dilakanakan dapat memberikan makna dengan meningkatkan ibadah serta bartaubat kepada Allah SWT.

"Dengan penuh harapan mari bersama memohon kepada Allah SWT. agar kita tidak lagi merasakan kemarau berkepanjangan

Seperti yang terjadi dimana-mana pada saat ini, dalam melaksanakan ibadah ini marilah memberi makna dengan meningkatkan istigfar melakukan raubat dan bersedekah,"harapnya.

 "Kita berkumpul di lapangan dengan penuh harap, tak ada harapan kecuali berharap pada Allah, segala sesuatu yang hidup, kami jadikan air, mudah-mudahan Doa kita di ijabah oleh Allah,"katanya.

Dalam hotbahnya Ustadz Muhammad Amin menyampaikan  bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan tidak turunnya Hujan ke muka bumi,   Salah satu yang menyebabkan Hujan tidak turun ke bumi adalah Tertahannya Zakat.

"Tertahannya zakat dari pemiliknya adalah salah satu penyebab hujan tidak turun,  yang kedua adalah tidak mau bersyukur dan enggan bertaubat ke pada Allah, selanjutnya maksiat kepada Allah, "bebernya.(ria)

 

Editor.    :   Ansory S