Berkurban 2 Ekor Kerbau, HM Syaihu : Bertaqwa, Sucikan Diri dan Harta

Selasa, 13 Agustus 2019 - 16:41:15 | dibaca: 240 kali


H Muhammad Syaihu bersama tokoh Pelawan sembari melihat dua ekor kerbau yang dikurbankan
H Muhammad Syaihu bersama tokoh Pelawan sembari melihat dua ekor kerbau yang dikurbankan /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Rasa syukur atas rahmat dan nikmat yang diberikan Allah SWT, pada momen Idul Adha 1440 H/2019 M, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun H. Muhammad Syaihu, ikut berkurban dua ekor kerbau.

Pemotongan hewan kurban yang disumbangkan untuk masyarakat oleh M Syaihu dilakukan hari ini, Selasa (13/8), pagi di Desa Pasar Pelawan, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun.

Menurut H muhammad Syaihu, kurban bermakna pengorbanan pada sesuatu yang dicintai, yakni harta yang telah diperoleh. Dengan berkurban, artinya seorang muslim memberikan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban, lalu menyembelihnya, dan memakan dan membagikan dagingnya kepada masyarakat yang ada di sekitar.

"Idul Adha itu artinya pengorbanan kita memberikan apa yang kita cintai dari harta benda kepada orang lain dengan maksud ibadah kepada Allah. Tahun ini saya berkurban dua ekor kerbau,” katanya.

Dijelaskan H Muhammad Syaihu, jika berkurban dapat menyucikan diri dan harta. Dengan berkurban pula, rasa kasih sayang dan peka terhadap sesama bisa ditumbuhkan.

"Agar kita menjadi peka terhadap kehidupan di dunia, bahwa apa yang dari Allah SWT akan kembali kepada Allah SWT,"ucapnya.

Selain itu, katanya berkurban pada Hari Raya Idul Adha juga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mencerminkan sikap taqwa. Insyaallah Allah SWT juga mengampuni dosa-dosa orang yang berkurban.

“Saya doakan semoga Idul Adha tahun depan lebih banyak masyarakat yang bisa berbagi dengan cara berkurban. Intinya ada keikhlasan dan keinginan untuk berbagi kepada sesama. Insya Allah keinginan untuk berkorban bisa tercapai,” pungkasnya.

 

Penulis : Charles R

Editor : Ansory S