5 Desa Terapkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Senin, 12 Agustus 2019 - 22:23:40


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Tahun 2019 ini Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Sarolangun mendapatkan bantuan dari perpustakaan nasional untuk melaksanakan program perpustakaan berbasis inklusi sosial di pedesaan.

Kepala DPAD Ali Amri, mengatakan bahwa perpustakaan berbasis inklusi sosial ini ada di lima desa melalui bantuan perpustakaan nasional.

Yakni, Desa Bernai Dalam Kecamatan Sarolangun, Desa Perdamaian dan Desa Sungai Gedang Kecamatan Singkut, Desa Semaran Kecamatan Pauh dan Desa Gurun Mudo Kecamatan Mandiangin.

"Kita kalau mengandalkan APBD kita ada keterbatasan, kita berupaya sampai ke tingkat nasional melalui perpustakaan nasional, alhamdulillah kemarin dengan aplikasi kunang-kunang, program perpustakaan berbasis inklusif sosial, kita salah satu kabupaten yang menerima bantuan di program ini, "katanya, baru-baru ini.

Katanya bantuan tersebut berupa tiga komputer untuk pelayanan kepada para pengunjung dan dilengkapi dengan satu server.

Sementara di lima desa, mendapatkan bantuan 1.000 koleksi buku, tiga buah komputer dan satu server untuk melayani pengunjung perpustakaan yang akan memudahkan petugas pustakawan dalam manajemen pengguna internet perpustakaan.

Karena setiap desa yang mendapatkan bantuan ini memang harus memiliki komitmen, seperti harus punya wifi dan kantor perpustakaan tersendiri.

"Bantuan yang diterima bisa dipelihara dengan baik dan dimanfaatkan, dan harus komitmen dengan apa yang sudah dibuat ini, dan memang wifi, dan diatur jadwal piket petugas dan kunjungan masyarakat," katanya.

Kemudian kedepan, pihaknya juga berharap agar penggunaan dana desa bisa dialokasi untuk menu perpustakaan desa. Misalnya untuk pembangunan perpustakaan desa, beli koleksi buku, sarana prasarana dan tenaga IT.

"Sudah ada suratnya tinggal mengedarkannya dan kita akan koordinasikan dengan dinas PMD untuk mendukung ini, dan di dalam juknis untuk bisa dimasukkan, supaya masyarakat desa bisa memusyawarahkan, karena membaca adalah hal terbaik yang kita lakukan," katanya.

 

 

Reporter  :      Carles   R

Editor      :       Ansory S