Diduga Tidak Ada Benang Jahitan, Pasien Cesar RSUD Kerinci Pindah Paksa

Selasa, 06 Agustus 2019 - 21:36:37


Sakit Umum (RSUD) MHAT Kerinci.
Sakit Umum (RSUD) MHAT Kerinci. /

radarjambi.co.id-KERINCI-Meskipun telah mengantongi akreditasi Madya Bintang Tiga, namun pelayanan di Rumah Sakit Umum (RSUD) MHAT Kerinci, dikeluhkan masyarakat dan Pasien.

Sebagai contoh, pada Senin (5/8) lalu, beberapa Pasien kebidanan di RSUD MHAT Kerinci, terpaksa pindah secara paksa untuk bisa mendapatkan pelayanan persalinan. Bahkan salah satu pasien yang hanpir melahirkan terpaksa pindah ke salah satu rumah sakit di Sumatera barat (Padang) untuk operasi Cesar.

Informasi yang diterima, keluarnya pasien kebidanan tersebut, dikarenakan tidak mendapat pelayanan maksimal terutama dalam urusan persalinan.

Dimana, beberapa pasien tersebut diharuskan untuk melahirkan secara Cesar, namun tidak bisa dilayani pihak RSUD MHAT Kerinci.

Hal tersebut lagi diduga alasannya sangat klasik, yakni tidak tersedianya benang jahitan di RSUD MHAT Kerinci, sehingga tidak bisa mengakomodir pelayanan operasi.

"Katanya tidak ada benang jahitan, aneh padahal keluarga kami, sudah mau melahirkan," ungkap Las salah seorang keluarga pasien.

Dijelaskannya, pihaknya telah mempertanyakan permasalahan ini ke pihak RSUD MHAT Kerinci, namun tidak mendapat kepastian.

"Dari pada terjadi apa-apa terhadap keluarga kami, terpaksa kami pindah ke rumah sakit Padang," sebut sumber, dengan nada kesal.

Hal yang sama juga pernah dialami oleh keluarga Neni Rustam, dimana diakuinya keponakannya yang ingin lakukan persalinan terpaksa dibawa ke Padang untuk operasi.

"Betul semalam keponakan saya di bawa ke Padang untuk operasi, sempat tidak menyangka kok rumah sakit sebesar itu tidak bisa melayani dengan baik. Alasanya, tali penjahit untuk sesar tidak ada, kan mustahil. Untuk Pemerintah setempat supaya mengambil tindakan," harapan Neni.

Info yang diterima pasien yang akan melakukan persalinan di RSUD MHA. Thalib Kerinci, adalah Pasien yang menggunakan Kartu BPJS.

Sementara itu, Dirut RSUD MHAT Kerinci, Dr. Iwan, dikonfirmasi wartawan masih enggan untuk memberikan jawaban. Dikatakannya, pihaknya tidak pernah menolak pasien. "Untuk lebih jelas tanya Kabid," singkatnya.

 

Reporter   ;    Soni

Editor       :    Ansory S