Fachrori Berharap Kejurnas Dayung Hasilkan Atlet Berprestasi

Rabu, 24 Juli 2019 - 18:12:00


/

RADARJAMBI.CO.ID,-Gubernur Jambi Fachrori Umar berterima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga yang telah mempercayakan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung Tingkat Pelajar Tahun 2019.

Hal tersebut dikatakannya dalam pembukaan Kejurnas Dayung Tingkat Pelajar antarPusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Tahun 2019 di Danau Sipin Kota Jambi, yang dibuka langsung Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Raden Isnanta, Rabu (24/7/2019)

"Saya yakin pemilihan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah telah melalui berbagai pertimbangan yang cukup matang, dengan terselenggaranya kegiatan ini akan menjadi momentum kebangkitan olahraga dayung menuju prestasi dunia dan diharapkan kelancaran dalam pelaksanaan iven ini," kata fachrori.

Olahraga dayung katanya merupakan salah satu cabang olahraga prestasi yang dipertandingkan baik di tingkat nasional maupun internasional untuk mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar, yang diharapkan dapat berprestasi lebih baik lagi di tingkat nasional, serta menjadi atlet andalan Indonesia di masa yang akan datang.

"Bukan hanya di level nasional, namun juga di level internasional serta menjadi atlet andalan Indonesia di masa yang akan datang. Dan munculnya atlet-atlet berprestasi bisa berimplikasi positif kepada generasi muda, yaitu menularkan semangat berkompetisi dan berprestasi," kata Fachrori.

Dalam iven ini, kata Fachrori menampilkan bibit-bibit muda yang mampu menghadapi berbagai ajang perlombaan dan dapat dimanfaatkan sebagai wahana hubungan silaturahmi dan menjalin persahabatan serta bertukar informasi dan pengalaman antarsesama pelajar se-Indonesia.

Sementara itu, Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Raden Isnanta dalam sambutannya menyatakan bahwa dipilihnya Provinsi Jambi sebagai tuan rumah karena dinilai memiliki komitmen terhadap kemajuan olah raga.

"Kemenpora RI memberikan kepercayaan kepada Provinsi Jambi sebagai penyelenggara iven Kejurnas Dayung pada tahun 2019 ini karena dua alasan. Pertama Pemprov Jambi dinilai komitmen terhadap kemajuan olah raga dan kedua Jambi dinilai briliant dalam mencetak atlet dayung yang berprestasi, tidak hanya prestasi di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. Dan pemerintah akan terus meningkatkan pembinaan terhadap olah raga dayung agar dapat terus berprestasi," kata Raden Isnanta.

Deputi juga menekankan kepada seluruh peserta agar terus meningkatkan prestasi dan berlatih dengan maksimal guna mencapai prestasi yang lebih besar lagi di tingkat internasional.

"Dari 250 juta penduduk Indonesia ada bibit unggul yang tersaring, ya ini sekitar 163 yang tersaring dari sekian juta penduduk, berarti anda pilihan dari pilihan. Nanti akan direkrut yang terbaik dan silahkan berkompetisi lakukan dengan kekuatan penuh supaya menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dan seperti yang disampaikan oleh Pak Menpora adalah kita harus menuju Asia dan mimpi terindah adalah olimpiade," kata Raden Isnanta.

Kegiatan ini diikuti oleh PPLP Aceh sebanyak empat atlet, PPLP Jambi sebanyak 12 atlet, PPLP DKI Jakarta sebanyak delapan atlet, PPLP Maluku sebanyak tujuh atlet, PPLP Kalimantan Selatan sebanyak empat atlet ,PPLP Kalimantan Tengah sebanyak 13 atlet, PPLP Sulawesi Barat sebanyak tujuh atlet, Sulawesi Selatan sebanyak delapan atlet, Sulawesi Tenggara sebanyak sembilan atlet, PPLP Sulawesi Tengah sebanyak sembilan atlet, PPLP Papua sebanyak enam atlet, PPLP Jawa Timur sebanyak empat atlet, selanjutnya juga PPLPD Kutai Kartanegara sebanyak enam atlet, PPLPD Bogor sebanyak empat atlet, Jawa Tengah sebanyak tiga atlet, PPLPD Kalimantan Selatan sebanyak 10 atlet, Jawa Barat 10 atlet.

Reporter : Ndang

Editor : Ansori