Dua Hektar Lahan Sawit Terbakar di Muntialo Tanjabbar

Selasa, 16 Juli 2019 - 21:19:46


Kebakaran kebun sawit di Muntialo.
Kebakaran kebun sawit di Muntialo. /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Kebakaran Hutan dan Lahan kembali terjadi di Kabupaten Tanjab Barat, tepatnya di Desa Muntialo Kecamatan Betara, tak jauh dari Pom Pertamina Desa Muntialo, Selasa (16/7) sore.

Areal yang terbakar merupakan perkebunan sawit sekitar 2 hektar milik warga dan diduga asal api dari lahan pemilik pom Bensin Muntialo tersebut.

"Kita melihat api sudah membesar, setau kami lahan tersebut milik Aju pengusaha minyak," ujar warga sekitar, Selasa (16/7).

Sementara itu, Camat Betara, Tony Ermawan Putra membenarkan adanya kebakaran lahan yang diperkirakan 2 hektar yang diduga milik warga dan penguasa minyak, Aju.

"Kurang lebih dua hektar lahan itu tidak semua milik Aju, namun ada juga milik warga, tapi belum bisa dipastikan berapa luas milik Aju maupun warga lainnya yang terbakar," ujar Camat.

Dijelaskan Tony, Api begitu cepat membesar lantaran cuaca panas dan kondisi lahan kering serta angin kencang.

"Untuk penyebabnya, sanai saat ini kita belum tau pasti, katena tim sedang melakukan pemadaman di lokasi," jelasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjabbar, H Kosasih juga membenarkan adanya kebakaran tersebut. Untuk sumber api dan total jumlah lahan yang terbakar pihaknya belum bisa memastikan.

"Saat ini tim sedang melakukan pemadaman dilokasi Desa Muntialo, yang tergabung dari pihak perusahaan WKS, TNI, Polri dan dari pemda serta dibantu oleh warga sekitar, untuk lebih detilnya nanti setelah api padam dan setelah kita data," ungkap Kosasih.

 

Reporter    :     Kenata

Editor        :     Ansory S