Gubernur Hadiri Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al- Falah

Kamis, 11 Juli 2019 - 17:26:24


/

RADARJAMBI.CO.ID,-Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak seluruh umat untuk bersama-sama membangun Provinsi Jambi. Ajakan tersebut dikemukakan oleh Fachrori dalam Ibadah Sholat Idul Adha 1440 H di Masjid Agung Al-Falah, Kota Jambi, Minggu (11/8/2019). Gubernur menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Jambi sedang giat-giatnya melakukan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Jambi dan pembangunan tersebut membutuhkan dukungan dari masyarakat.

Fachrori menjelaskan, melalui momen Idul Adha, dirinya mengajak semua pihak agar memiliki tekad untuk bekerja lebih Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera (TUNTAS), sesuai dengan visi pembangunan Provinsi Jambi 2016-2021, dengan efektivitas dan efisiensi yang tinggi, dan tidak lepas dari rela berkurban.

"Pemerintah terus melakukan upaya untuk mengentaskan kemiskinan sesuai dengan visi Jambi TUNTAS dengan berupaya meningkatkan SDM Provinsi Jambi yang terdidik, sehat, dan berbudaya serta agamis. Untuk itu, seluruh jajaran pemerintah Provinsi Jambi diharapkan dapat bekerja dengan ikhlas dan bekerja lebih keras, lebih tertib dan bersungguh sungguh dalam melayani masyarakat," ujar Fachrori.

Fachrori mengatakan, Idul Adha, memiliki makna keikhlasan untuk berbagi. "Idul Adha merupakan manifestasi dari ketulusan berkorban dan kerendahan hati untuk melakukan refleksi historis dalam mengenang perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail. Selain sebagai bentuk ketaatan, ibadah kurban juga menjadi momen penting untuk meneguhkan kembali  rasa empati, dimana kita rela menyisihkan harta yang kita miliki untuk berbagi. Dengan saling berbagi antara mereka yang kaya memberikan kepada yang berkekurangan, sehingga akan tercipta kesejahteraan masyarakat,” jelas Fachrori.

Makna kedua Idul Adha, lanjut Fachrori, meneladani pemuda seperti Nabi Ismail yang tanpa keraguan mengorbankan diri untuk berkurban. Pengorbanan ini akan mendekatkan diri kepada Allah dan sesama, dengan pengorbanan akan menghilangkan kesenjangan antara  kaya dan miskin sehingga tercipta tolong menolong yang akan berdampak pada kedamaian.

"Jika kita sadari, perintah untuk saling berbagi dan membantu tidak lain adalah cara nyata manusia untuk mendapatkan kebahagiaan hakiki. Sebagai makhluk sosial, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam hidup, manusia pasti membutuhkan pertolongan orang lain. Penting kiranya selalu kita tumbuh kembangkan sikap saling menyayangi dan menghormati antar sesama. Inilah makna utama dari Hari Raya Idul Adha," ungkap Fachrori.

Dalam Sholat Idul Adha ini, bertindak sebagai  imam Buchori Al Hafizh S.Ag, khatib H.Hasan Basri Husin,SH, bilal Ustad M.Yani.

Selain itu, Fachrori mengajak masyarakat untuk menghadiri Open House Idul Adha di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Pada kesempatan tersebut, pengurus Masjid Agung Al-Falah membacakan orang-orang yang memberikan kurban, yaitu: 1 ekor sapi dari  Gubernur Jambi, 1 ekor sapi  dari Badan Keuangan Daerah Provinsi Jambi, 1 ekor sapi dari Bank 9 Jambi, 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing dari  BNI Syariah, 1 ekor sapi dari Yayasan Al-Azhar 57 Jambi, 1 ekor kambing dari almarhum Rd.Usman Bin Raden Yusuf, 1 ekor kambing dari Hj.Rts Fatimah Binti Yasin, 1 ekor kambing dari Satif Bin Yusuf, dan 1 ekor kambing dari Marhuna Binti Mahruf.

Usai ibadah Sholat Idul Adha, didampingi oleh Sekda Provinsi Jambi, Drs.H.M. Dianto,M.Si, gubernur Jambi memberikan secara simbolis 1 ekor sapi kurban kepada pengurus Masjid Agung Al-Falah Jambi, sembari berpesan bahwa yang mendapatkan daging kurban adalah orang-orang yang benar-benar layak mendapatkannya.