3235 CJH Provinsi 25 Juli di Terbangkan ke Tanah Suci

Rabu, 10 Juli 2019 - 22:23:05 | dibaca: 47 kali


CJH Provinsi Jambi Berangkat ke Tanah Suci.
CJH Provinsi Jambi Berangkat ke Tanah Suci. /

radarjambi.co.id-JAMBI-Calon Jamaah Haji (CJH) Provinsi Jambi akan mulai masuk asrama haji pada 24 Juli dan mulai diterbangkan ke Tanah Suci pada 25 Juli.
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi melalui Kabag Humas M Thoif mengatakan, hal ini berdasarkan peraturan dari pusat.

Jadi, kloter pertama yang merupakan CJH asal Kota Jambi mulai masuk asrama tanggal 24 Juli. Dijadwalkan, 450 CJH termasuk TPHD dan petugas kloter mulai masuk asrama pukul 9.00 WIB.

“Memang dimajukan, itu sudah dari pusat yang menentukan,” katanya.
Thoif mengatakan, selama sehari para CJH akan dibekali, kemudian diberikan gelang, living cost dan persiapan akhir. Sementara untuk proses biometrik tidak lagi dilaksanakan di Asrama Haji seperti tahu lalu, melainkan telah dilaksanakan di Pijoan.

“Ini juga bisa menghemat waktu kegiatan di asrama haji, sehingga CJH bisa punya waktu untuk istirahat sebelum berangkat,” katanya.

Selanjutnya berturut-turut selama delapan hari sesuai dengan jumlah kloter CJH jambi, para CJH dari kabupaten juga menyusul masuk asrama. Yakni kloter kedua setelah Kota Jambi adalah gabungan CJH dari Kota Jambi, Batanghari, dan Tanjab Barat.

Kloter ketiga merupakan CJH dari Tanjab Barat dan Bungo. Dilanjutkan kloter keempat dari Bungo dan Merangin. Kloter kelima terdiri dari CJH Merangin dan Kerinci.

Selanjutnya kloter ke enam merupakan CJH dari Kerinci, Muarojambi, dan Tebo. Kloter tujuh adalah CJH dari Tebo, Sarolangun, dan Tanjab Timur. Sementara kloter terakhir berasal dari Sungai Penuh.

“Kloter ke delapan ini, nanti bergabung dengan provinsi lain, kalau tidak salah Kepri. Nanti bertemu di Bandara Hang Nadim Batam,” katanya.

Dia mengatakan, CJH yang tiba di asrama, akan diberangkatkan ke Batam pada pukul 4.00 WIB. Kemudian transit di Batam untuk selanjutnya diterbangkan ke Jeddah sekitar pukul 10.00.

“Kan minimal empat jam sebelum keberangkatan, sudah barada di bandara Batam,” ujarnya.

Seperti diketahui tahun ini CJH Provinsi Jambi yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 3235 orang. Jamaah terbanyak berasal dari Kabupaten Merangin sebanyak 662 orang.
Kemudain disusul dari Jamaah Kota Jambi sebanyak 628 orang, dan paling sedikit Kabupaten Tanjabtim yang hanya 52 orang Jamaah.

 

Reporter    ;  Haryanto

Editor        :  Ansory S