SAD Rutin Dapat Pelayanan Kesehatan

Rabu, 10 Juli 2019 - 21:35:31


Elfie Yennie.
Elfie Yennie. /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Elfie Yennie menyatakan pihaknya rutin melakukan pelayanan terhadap Suku Anak Dalam (SAD), baik langsung Dinas Kesehatan maupun dari Puskesmas setempat.

"Bentuk kegiatan kita ada pelayanan kesehatan dan khusus ada pelayanan dokter spesialis anak yang merupakan program Dinkes Batanghari," kata Elfie, ditemui dilokasi pemukiman kelompok SAD Kejasung Padang Kelapo, Kecamatan Marosebo Ulu.

Dokter spesialis anak sengaja diajak ke tempat SAD untuk mengenali langsung persoalan kesehatan yang ada pada anak.

Pendidikan kesehatan kepada anak juga disampaikan dalam setiap kunjungan ke pemukiman kelompok SAD.

"Dokter spesialis anak bisa langsung menscreening penyakit atau mendeteksi dini bilamana ada penyakit pada anak," ujarnya.

Sementara itu, dokter spesialis anak RSUD Hamba Muarabulian, dr. Khairunisa Agustina mengakui SAD khususnya anak-anak sangat rentan dengan penyakit kulit, infeksi saluran pernafasan, masalah gizi. Jenis penyakit ini sering kali dijumpai dalam lokasi pemukiman kelompok SAD.

"Pencegahan penyakit ini salah satunya dengan cara pelayanan kesehatan langsung ke pemukiman SAD. Kita jemput bola ke mereka. Kalau masih ada tindaklanjutnya, kita akan kirim ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut," kata dokter spesialis anak RSUD Hamba Muarabulian.

 

Reporter   :   Didi

Editor       :  Ansory S