Dukcapil Tanjabbar Kehabisan Blanko E-KTP

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:22:44 | dibaca: 99 kali


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-TANJABARAT-Sejak beberapa hari belakangan Dinas Kependudukan Dan Catatan sipil (Ducapil) Kabupaten Tanjab Barat Kehabisan Blanko E-KTP.

Akibatnya warga yang melakukan perekaman hanya mengantongi surat keterangan.
"Blanko E-KTP nya habis pak, sejak dua hari lalu, tapi kalau mau rekam bisa, kita kasih surat keterangan perekaman," ujar staf loket kantor Dukcapil Tanjab Barat.

Hal ini dibenarkan oleh kepala dinas Dukcapil Tanjab Barat H Azwar. Saat di mintai tanggapan, menurutnya sejak hari Senin kemaren stok Blangko di Tanjab Barat sudah habis.

Dijelaskanya jika pengadaan blanko KTP ini merupakan kewenangan pemerintah pusat melalui Dirjen Dukcapil.

Ia juga mengaku pihaknya sudah berupaya berkoordinasi dengan dirjen dukcapil terkait habisnya stok blanko e-KTP di Tanjab Barat.

"Kami sudah cek ke Jakarta, stok blanko e-KTP saat ini memang sedang kosong," terangnya.

Walau stok blanko habis, menurut Azwar, tidak menjadi kendala masyarakat untuk melakukan aktifitas.

Sebab bagi warga yang sudah merekam dapat diberikan surat keterangan sudah melakukan perekaman.

"Jadi surat keterangan ini bersifat sementara, Fungsinya juga sama dengan KTP sementara menjelang blanko ada," tukasnya.

Sementara itu, warga Kualatungkal yang melakukan perekaman e-KTP, Yani mengaku hanya mendapatkan surat keterangan. Kata dia, surat ini merupakan KTP sementara yang pungsinya sama dengan KTP asli.

"Kata petugas di dalam, ini sama dengan KTP tapi bersifat sementara, nunggu blanko di cetak baru bisa dapat e-KTP, Tapi dak tau kapan yang asli di cetak," ungkapnya.

 

Reporter   :   Kenata

Editor       : Ansory S