Liga Italia Panas Hingga Pertandingan Pemungkas

Rabu, 22 Mei 2019 - 16:42:27


/

Radarjambi.co.id - MILAN - Liga Italia berlangsung panas hingga laga pemungkas. Bukan untuk memperebutkan gelar juara, melainkan meraih tiket Liga Champions dan menyelamatkan diri dari degradasi.

Ada empat tim yang berkesempatan menemani Juventus dan Napoli ke Liga Champions 2019/2020.

Empat tim itu ialah, Atalanta, Inter Milan, AC Milan, dan AS Roma. Selisih poin antara Atalanta yang ada di tempat ketiga dan Roma di posisi keenam hanya tiga angka.

''(Lolos) Liga Champions akan luar biasa. Namun, kami tidak boleh berpikir bahwa itu sudah ada dalam genggaman (dengan saat ini ada di peringkat ketiga),” kata Pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini kepada Tuttosport.

Atalanta akan bersua Sassuolo pada laga pemungkas. Sementara itu, Inter wajib menang melawan Empoli pada pertandingan terakhir.

Empoli sendiri saat ini ada di peringkat ke-17 dengan 38 poin sehingga aman dari ancaman degradasi.

Itulah yang membuat meski laga dihelat di Giuseppe Meazza peluang kedua tim masih fifty-fifty.
Nah, kondisi Atalanta-Inter bisa dimanfaatkan Milan dan Roma yang "hanya" menghadapi SPAL dan Parma.

Serie A sendiri menggunakan penilaian head to head apabila ada dua tim dengan poin yang sama.

Milan unggul head to head dari Atalanta. Jika nilai keduanya serupa pekan depan, Milan yang berhak berada satu peringkat di atas Atalanta.

Peluang Roma memang paling tipis daripada tiga tim lainnya. Selain harus menang minimal 6-0 dari Parma, Daniele De Rossi dan kawan-kawan juga berharap Inter yang ada di tempat keempat kalah dari Empoli dan Milan juga keok dari SPAL.

''Itu (melawan Empoli) adalah laga fundamental bagi kami seperti hidup dan mati,'' kata pelatih Nerazzurri Luciano Spalletti.

Bagaimana dengan persaingan lolos dari jerat degradasi? Persaingannya lebih sengit.

Sebab, ada lima tim yang masih berkesempatan bertahan, yakni Genoa, Empoli, Udinese, Fiorentina, dan Bologna.

Sama halnya dengan persaingan di empat besar, gap antara Genoa yang ada di peringkat ke-18 dengan Bologna di posisi ke-14 hanya tiga angka.

''Saya prihatin untuk Genoa (terancam terdegradasi, Red). Saya harap mereka bisa bertahan dan kami juga bisa ke Liga Champions musim depan,'' ucap Krzysztof Piatek, striker Milan yang didatangkan dari Genoa Januari lalu.

 

 

Sumber : Jpnn